RPP KAT SD KLS I
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Agama Katolik
Tema :
Kelas/Semester : I/Ganjil
Standar Kompetensi : Memahami pribadi dan lingkungannya serta kedatangan Yesus Kristus sebagai bukti kebaikan Allah, sehingga terdorong untuk mensyukurinya dan mampu mengungkapkan rasa syukur itu melalui doa
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
I. Kompetensi Dasar : Mengenal diri dan lingkungannya dan mensyukurinya sebagai Karunia Allah
II. Indikator :1. Siswa menyebutkan berbagai anggota tubuh
2. Siswa menyebutkan fungsi anggota tubuh
2. Siswa memahami bahwa anggota tubuh diciptakan oleh Tuhan
3. Siswa bersyukur kepada Tuhan atas anggota tubuh
yang diciptakan
III. Tujuan Pembelajaran :
1. Melalui pengamatan gambar siswa mengetahui macam-macam anggota tubuh
2. Siswa memahami manfaat masing-masing anggota tubuh
3. Siswa memahami bahwa semua anggota tubuh diciptakan oleh Tuhan dan harus dijaga dan dipelihara
4. Siswa memahami bahwa anggota tubuh yang diciptakan Tuhan dipergunakan untuk melakukan hal-hal yang baik
5. Siswa dapat menyatakan rasa syukurnya kepada Tuhan
IV. Materi pokok : Saya memiliki rupa-rupa anggota tubuh
V. Metode: 1. Peragaan
2. Picture dan picture
VI. Langkah-langkah pembelajaran:
Pertemuan I
A. Kegiatan awal : 1. Perkenalan
2. Memperkenalkan doa dan cara berdoa
3. Motivasi
B. Kegiatan inti :
1. Guru menunjukkan gambar anggota tubuh
2. Siswa mengamati gambar yang ditunjukkan
3. Siswa menyebutkan nama anggota tubuh sesuai dengan gambar
4. Siswa di minta menyebutkan menyebutkan fungsimasing-masing anggota tubuh
5. Guru memberikan penjelasan
C. Penutup : 1. Kesimpulan : Guru bersama siswa menekankan kembali butir-butir penting dari materi yang dijelaskan
2. Siswa diberikan tugas menyusun doa spontan singkat sebagai pernyataan syukur kepada Tuhan.
VII. Sarana dan sumber belajar:
A. Sarana : Gambar anggota tubuh dan LCD
B. Sumber belajar :
1. Buku Siswa 1: Menjadi Murid Yesus, Kanisius Pel.1
VIII. Penilaian:
1. Tes lisan
Soal: 1. Sebutkan anggota tubuh manusia!
2. Sebutkan fungsi masing-masing anggota tubuh!
3. Siapa yang menciptakan semua anggota tubuh kita?
4. Bagaimana cara merawat anggota tubuh kita?
5. Tuliskan sebuah doa syukur kepada Tuhan atas anggota tubuh kita!
Skor: no.1 . 2 . 4 : 3
no. 3 :2 dan no 5 : 5
Skor akhir: jumlah skor perolehan x 100
Total skor
2. Tes Tugas:
Soal : Susunlah doa spontan sebagai rasa syukur anda kepada Tuhan atas anggota tubuh yang sudah diberikanNya!
Aspek penilaian :
1. Bahasa : 50
2. Isi : 50
Mengetahui, Surabaya, Juli 2009
Kepala Sekolah Guru Mata Pel
Drs. Vincentius HS Fidelis Gele
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Agama Katolik
Tema :
Kelas/Semester : I/Ganjil
Standar Kompetensi : Memahami pribadi dan lingkungannya serta kedatangan Yesus Kristus sebagai bukti kebaikan Allah, sehingga terdorong untuk mensyukurinya dan mampu mengungkapkan rasa syukur itu melalui doa
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
I. Kompetensi Dasar : Mengenal diri dan lingkungannya dan mensyukurinya sebagai karunia Allah
II. Indikator : 1. Siswa menyebutkan perbuatan yang dilakukan oleh anggota tubuh
2. Siswa membedakan perbuatan baik dan tidak baik yang harus dilakukan oleh anggota tubuh
3. Siswa menyebutkan perbuatan-perbuatan baik yang dilakukan oleh anggota tubuh.
III. Tujuan Pembelajaran :
1. Melalui tanya jawab siswa mengetahui perbuatan yang dilakukan oleh anggota tubuh
2. Melalui penjelasan siswa membedakan perbuatan baik yang harus dilakukan dengan perbuatan yang tidak baik yang harus dihindari
3. Melalui penjelasan siswa menyebutkan perbuatan baik dalam kehidupan sehari-hari yang dilakukan anggota tubuh
IV. Materi pokok : Saya dapat melakukan rupa-rupa perbuatan
V. Metode : 1. Sharing
2. Tanya jawab
3. Ceramah
VI. Kegiatan pembelajaran :
Pertemuan I
A. Kegiatan awal :
1. Doa pembuka
2. Penekanan kembali bahan sebelumnya/apersepsi
3. Mendoakan bersama doa-doa pokok Gereja
4. Guru memberikan motivasi serta menyampaikan tujuan pembelajaran
B. Kegiatan inti :
1. Guru bertanya kepada siswa tentang fungsi anggota tubuh:
tangan, mulut, kaki, telinga dan lain-lain.
2. Guru memberikan penjelasan tentang fungsi anggota tubuh.
3. Guru bertanya-jawab tentang perbuatan baik dan tidak baik yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh anggota tubuh.
4. Guru memberikan penjelasan tentang pebuatan-perbuatan baik yang dilakukan oleh anggota tubuh.
C. Penutup :
1. Guru bersama siswa membuat kesimpulan dari materi yang dibahas.
2. Bernyanyi bersama
3. Doa penutup
VII. Sarana dan sumber belajar:
A. Sarana : Keyboard dan teks lagu serta LCD
B. Sumber belajar :
1. Buku siswa Pel.2
2. Cuplikan Film
3. Alkitab
V. Penilaian:
1. Tes Penugasan : Tulislah perbuatan baik apa saja yang dilakukan dengan anggota tubuh: tangan, kaki, mulut, mata, telinga, masing-masing 3.
@. Penilaian : a. Tangan : Skor : 3-2-1-0
b. Kaki : Skor : 3-2-1-0
c. Mulut : Skor : 3-2-1-0
d. Mata : Skor : 3-2-1-0
e. Telinga : Skor : 3-2-1-0
2. Tes tulis
Soal: 1. Sebutkan fungsi positif dari tangan! (skor 3)
2. Sebutkan fungsi positif dari mulut! (skor 3)
3. Kita mengucap syukur kepada Tuhan dengan anggota tubuh … (1)
4. Apa yang kita buat agar anggota tubuh selalu bermanfaat baik? (3)
5. Sebutkan perbuatan baik apa saja yang berguna bagi diri dan sesama! (3)
Skor akhir: jumlah skor perolehan x 100
Total
Mengetahui, Surabaya, Juli 2009 Kepala Sekolah Guru Mata Pel
Drs. Vincentius HS Fidelis Gele
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Agama Katolik
Tema :
Kelas/Semester : I/Ganjil
Standar Kompetensi : Memahami pribadi dan lingkungannya serta kedatangan Yesus Kristus sebagai bukti kebaikan Allah, sehingga terdorong untuk mensyukurinya dan mampu mengungkapkan rasa syukur itu melalui doa
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
I. Kompetensi Dasar : Mengenal diri dan lingkungannya dan mensyukurinya sebagai Karunia Allah
II. Indikator : 1. Siswa menyebutkan perbuatan baik yang dilakukan ayah dan ibu kepada kita
2. Siswa menyebutkan perbuatan cinta kepada ayah dan ibu
3. Siswa memahami bahwa ayah dan ibu adalah karunia Tuhan kepada kita.
III. Tujuan Pembelajaran :
1). Melalui tanya jawab siswa mengetahui dan memahami jasa baik ayah dan ibu terhadap dirinya.
2). Melalui penjelasan guru siswa mengetahui perbuatan cinta dan hormat pada ayah dan ibunya
3). Melalui penjelasan siswa memahami bahwa ayah dan ibu adalah karunia Tuhan kepada mereka
4) Siswa dapat mendokan ayah dan ibu dalam doa singkat sederhana.
IV. Materi pokok : Ibu dan Bapak
V. Metode :
1. Tanya jawab
2. Deskripsi
VI. Kegiatan pembelajaran :
Pertemuan I
A.Kegiatan awal :
1. Doa pembuka
2. Penekanan kembali bahan sebelumnya
3. Mendoakan bersama doa-doa pokok Gereja
4. Guru memberikan motivasi dengan menyanyikan lagu : Kasih Ibu
B.Kegiatan inti :
1. Guru membuka dengan tanya jawab tentang orang tua siswa nama, tempat tinggal dll.
2. Guru bertanya tentang perbuatan apa saja yang dilakukan ayah dan ibu kepada mereka.
3. Guru memberikan penjelasan tentang jasa-jasa orang tua kepada anak-anaknya.
4. Siswa diminta untuk menyampaikan perbuatan apa saja yang mereka lakukan pada ayah dan ibu.
5. Guru memberikan masukan tentang sikap apa saja yang harus kita tunjukkan pada orang tua, orang tua sebagai karunia Tuhan.
C. Penutup :
1. Guru bersama siswa membuat kesimpulan bersama tentang hal-hal penting dari materi yang didalami.
2. Penugasan : Siswa diminta menyusun doa singkat untuk orangtua.
3. Doa penutup
VII. Sarana dan sumber belajar:
A. Sarana : LCD
Sumber belajar : Buku sisa pel.3 dan Alkitab
VIII. Penilaian:
1. Penugasan
Soal: Susunlah doa untuk orang tua dalam sebuah surat lalu diisikan dalam amplop kemudian diserahkan kepada orangtua!
Penilaian: 1. Tanda tangan orangtua (10)
2. Komentar orangtua (10)
3. Susunan dan isi doa (60)
4. Kemasan amplop (20)
Mengetahui, Surabaya, Juli 2009 Kepala Sekolah Guru Mata Pel
Drs. Vincentius HS Fidelis Gele
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Agama Katolik
Tema :
Kelas/Semester : I/Ganjil
Standar Kompetensi : Memahami pribadi dan lingkungannya serta kedatangan Yesus Kristus sebagai bukti kebaikan Allah, sehingga terdorong untuk mensyukurinya dan mampu mengungkapkan rasa syukur itu melalui doa
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
I. Kompetensi Dasar : Mengenal diri dan lingkungannya dan mensyukurinya sebagai karunia Allah.
II. Indikator :
1. Siswa menyebutkan fungsi rumah dan sekolah
2. Siswa menyebutkan cara merawat rumah dan
sekolah
III. Tujuan Pembelajaran :
1). Melalui tanya jawab siswa memahami fungsi rumah dan sekolah
2). Melalui pernjelasan siswa dapat mengetahui bagaimana memelihara dan merawat rumah dan sekolah.
3) Siswa dapat memahami bahwa Tuhan telah mempercayakan kepada kita rumah dan sekolah dan untuk itu rumah dan sekolah harus dijaga dan dirawat.
IV. Materi pokok : 1. Rumah tempat tinggalku
2. Sekolah tempat belajarku
V. Metode :
1. Sharing
2. Tanya jawab
VI. Kegiatan pembelajaran :
A.Pendahuluan :
1. Doa pembuka
2. Pengulangan kembali bahan pelajaran sebelumnya/apersepsi
3. Guru memberikan motivasi kepada siswa
B.Kegiatan inti :
1. Guru membuka dengan percakapan tentang rumah siswa, alamatnya dll. Selanjutnya membuka dialog tentang sekolah mereka.
2. Guru bertanya tentang manfaat rumah dan sekolah bagi diri mereka sendiri.
3. Guru memberikan penjelasan tentang manfaat rumah dan sekolah.
4. Selanjutnya guru membuka kembali dialog tentang perbuatan apa saja yang harus ditunjukkan dalam merawat dan memelihara rumah.
5. Guru memberikan masukan tentang bagaimana sikap dan tindakan memelihara dan merawat rumah dan sekolah
6. Siswa diminta untuk menggambar gedung sekolah mereka
C. Penutup :
1. Guru bersama siswa membuat kesimpulan
2. Doa penutup
VII. Sarana dan sumber belajar:
A. Sarana : 1. Gambar Rumah dan Sekolah
2. Pensil warna dan buku gambar
B. Sumber belajar: 1. Pengalaman siswa,
2. Buku Pendidikan budi pekerti, Gramedia
3. Buku siswa.
VIII. Penilaian: 1. Tes tulis
Soal: 1. Sebutkan 4 fungsi rumah! (2)
2. Sebutkan 4 fungsi sekolah! (2)
3. Sebutkan bagaimana cara merawat rumah dan sekolah? (3)
4. Sebutkan rumah dan sekolah seperti apa yang anda suka! (2)
5. Apa yang terjadi kalau kita tidak mempunyai rumah? (2)
Skor akhir: jumlah skor perolehan x 100
Total skor
Mengetahui, Surabaya, Juli 2009
Kepala Sekolah Guru Mata Pel
Drs. Vincentius HS Fidelis Gele
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Agama Katolik
Tema :
Kelas/Semester : I/Ganjil
Standar Kompetensi : Memahami pribadi dan lingkungannya serta kedatangan Yesus Kristus sebagai bukti kebaikan Allah, sehingga terdorong untuk mensyukurinya dan mampu mengungkapkan rasa syukur itu melalui doa
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
I. Kompetensi dasar : mengenal kisah penciptaan dan memahami bahwa Allah adalah Bapa yang maha baik
II. Indikator :
1. Siswa mengenal kisah penciptaan langit dan bumi seperti yang diceritakan dalam Kitab Kejadian
2. Siswa memahami bahwa Tuhan adalah pencipta segala sesuatu.
3. Siswa menyebutkan berbagai ciptaan Tuhan.
4. Siswa menyebutkkan ciptaan Tuhan yang paling istimewa.
5. Siswa mengetahui tugas manusia terhadap ciptaan lain
III. Tujuan Pembelajaran :
1). Melalui menyimak cerita siswa mengenal kisah penciptaan seperti yang dilukiskan dalam Kitab Kejadian
2). Melalui menyimak cerita, siswa memahami bahwa Tuhan adalah pencipta alam semesta
3). Melalui pengamatan siswa mengetahui tentang berbagai ciptaan Tuhan yang berada disekitar mereka.
4). Melalui ceramah siswa memahami bahwa manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan yang paling istimewa
5). Siswa menyadari bahwa semua ciptaan Tuhan diperuntukkan bagi manusia agar digunakan dan dipelihara.
IV. Materi Pokok : Allah Menciptaan Langit dan Bumi
V. Metode : a. Observasi
b. Ceramah
c. Narasi
VI. Kegiatan Pembelajaran:
Pertemuan I
A. Kegiatan awal :
1. Doa pembuka
2. Penekanan kembali materi pelajaran yang lalu/apersepsi
3. Guru memberikan motivasi dan menyampaikan tujuan pembelajaran
B. Kegiatan inti:
1. Guru membuka pertemuan dengan bercerita tentang kisah penciptaan alam semesta sesuai dengan Kej 1:1-26
2. Siswa diminta mengamati benda apa saja yang ada di luar kelas dan mencatatnya.
3. Guru meminta siswa menyebut kembali apa yang mereka amati dan catat.
4. Guru memberikan penjelasan dan masukan.
5. Guru bersama siswa mempelajari dan menyanyikan bersama lagu : Alangkah megah.
C. Penutup :
1. Guru bersama siswa membuat kesimpulan bersama tentang materi yang dibahas.
2. Penugasan
3. Doa penutup
VII. Sarana dan sumber pembelajaran:
A. Sarana :
1. Puji Syukur
2. Gambar pemandangan alam
B. Sumber :
1. Kitab Suci, Kej 1:1-24
2. Manuskrip Persiapan komuni pertama
3. Buku, Menjadi Murid Kristus, Kanisius, Pel.6
VIII. Penilaian:
1. Tes Penugasan :
Gambarlah sebuah pemandangan alam yang dihiasi oleh makhluk ciptaan Tuhan seperti diceritakan dalam Kitab Kejadian
Penilaian : a). Kelengkapan gambar
b). Keindahan gambar
2. Tes tertulis :
Soal :
a) Siapakah yang menciptakan langit dan bumi?
b) Berapa hari Tuhan menciptaakan alam semesta?
c) Sebutkan ciptaan tuhan yang paling istimewa?
d) Apa tugas kita terhadap makhluk ciptaan lain?
Penilaian :
Skor maksimal : soal a : 2
Soal b : 2
Soal c : 3
Soal d : 5
Skor akhir : Skor perolehan x 100
Total skor
Mengetahui, Surabaya, July 2009
Kepala Sekolah Guru Mata Pel
Drs. Vincentius HS Fidelis Gele
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Agama Katolik
Tema :
Kelas/Semester : I/Ganjil
Standar Kompetensi : Memahami pribadi dan lingkungannya serta kedatangan Yesus Kristus sebagai bukti kebaikan Allah, sehingga terdorong untuk mensyukurinya dan mampu mengungkapkan rasa syukur itu melalui doa
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
I. Kompetensi dasar : Mengenal kisah penciptaan dan memahami bahwa Allah adalah Bapa yang maha baik
II. Indikator :
1. Siswa mengetahui kisah penciptaan manusia pertama
2. Siswa menyebutkan nama manusia pertama
3. Siswa memahami kedudukan pria dan wanita
4. Siswa menyebutkkan contoh sikap menghormati pria dan
Wanita
5. Siswa membedakan kekhasan manusia pria dan wanita
III. Tujuan Pembelajaran :
a) Melalui pengamatan gambar siswa memahami bahwa manusia adalah ciptaan Tuhan pria dan wanita
b) Melalui pengamatan gambar siswa memahami perbedaan manusia laki-laki dan wanita
c) Melalui cerita Kitab Suci siswa memahami bagaimana Tuhan menciptakan manusia pria dan wanita
d) Melalui cerita Kitab Suci siswa mengetahui nama manusia pertama
e) Melalui deskripsi siswa memahami kedudukan pria dan wanita
f) Melalui deskripsi siswa menyebutkan perbedaan pria dan wanita
g) Melalui deskripsi siswa dapat mengetahui bagaimana sikap menghormati lawan jenis
IV. Materi Pokok : Allah Menciptaan Manusia
V. Metode : 1. Examples non Examples
2. Narasi
3. Deskripsi
VI. Kegiatan Pembelajaran:
A. Kegiatan awal :
1. Doa pembuka
2. Penekanan kembali materi pelajaran yang lalu
3. Melafalkan kembali doa-doa pokok
B. Kegiatan inti : 1. Guru menunjukkan gambar manusia pria dan wanita
2. Siswa mengamati gambar
3. Siswa diminta menyebutkan perbedaan pria dan wanita
4. Guru mencermati kisah penciptaan dari Teks Kej 1:26-31
5. Guru berdialog dengan siswa tentang cerita yang diperdengarkan.
6. Guru memberikan penjelasan tentang penciptaan manusia pertama.
C. Penutup :
1. Kesimpulan
2. Penugasan
3. Doa penutup
VII. Sarana dan sumber sarana:
Sarana : 1. Gambar manusia dan makhluk ciptaan lain
2. LCD
Sumber belaja : 1. Kitab Suci, Kej 1:26-31
2. Pengalaman hidup sehari-hari
3. Buku Siswa
VIII. Penilaian:
1. Tes penugasan :
Siswa menuliskan perbedaan jasmani dan rohani antara pria dan wanita.
Aspek yang dinilai: (lihat tabel)
NO ASPEK PRIA WANITA
Jasmani 1. 1.
2. 2.
3. 3
4. 4
5. 5
2 Rohani 1. 1.
2. 2.
3. 3.
4. 4.
5. 5.
3. Tes Tertulis:
Soal: 1). Mengapa manusia disebut ciptaan yang paling istimewa? (skor: 3 )
2). Apa tujuan Tuhan memberikan semua ciptaan lain kepada manusia? (skor: 3)
3). Pada hari ke berapakah Tuhan menciptakan manusia?
(skor : 2)
4). Apa tugas manusia terhadap ciptaan lain? (skor : 3)
5). Siapakah nama yang diberikan kepada manusia pertama?
(skor : 2)
Skor akhir: Skor perolehan x 100
Total skor
Mengetahui, Surabaya, Juli 2009
Kepala Sekolah Guru Mata Pel
Drs. Vincentius HS Fidelis Gele
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Agama Katolik
Tema :
Kelas/Semester : I/Ganjil
Standar Kompetensi : Memahami pribadi dan lingkungannya serta kedatangan Yesus Kristus sebagai bukti kebaikan Allah, sehingga terdorong untuk mensyukurinya dan mampu mengungkapkan rasa syukur itu melalui doa
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
I. Kompetensi dasar : Mengenal kisah penciptaan dan memahami bahwa Allah adalah Bapa yang maha baik
II. Indikator :
1. Siswa memahami kisah manusia pertama di taman Eden
2. Siswa mengetahui tugas manusia terhadap Taman Eden
3. Siswa menyebutan perbuatan baik Allah kepada manusia
III. Tujuan Pembelajaran :
1). Melalui tanya jawab siswa menyebutkan perbuatan orang tua yang membimbing dan memelihara anaknya.
2). Melalui penjelasan siswa dapat mengetahui perbuatan Allah yang Mahabaik dalam membimbing dan memelihara manusia.
3). Melalui menyimak cerita Siswa dapat menyebutkan tugas manusia terhadap Taman Eden
IV. Materi Pokok : Manusia di Taman Firdaus
V. Metode :
1. Narasi
2. Tanya jawab
3. Deskripsi
VI. Kegiatan Pembelajaran:
A. Kegiatan awal :
1. Doa pembuka
2. Apersepsi
3. Guru memberikan motivasi kepada siswa
B. Kegiatan inti :
1. Guru bertanya tentang perbuatan baik apa saja yang dilakukan orang tua terhadap anaknya.
2. Guru menceritakan kisah manusia di Taman Eden, Kej 2: 8-17
3. Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa tentang kisah manusia di Taman eden.
4. Guru memberikan penjelasan lanjutan sesuai dengan bahan tanya jawab di atas.
C. Penutup :
1. Guru bersama siswa menegaskan kembali hal-hal penting dari materi yang dibahas.
2. Doa penutup
VII. Sarana dan sumber sarana:
Sarana : 1. Gambar pria dan wanita
2. LCD
Sumber Sarana: 1. Kitab Suci, Kej 2:8-17
2. Pengalaman hidup sehari-hari
3. Buku Siswa
VIII. Penilaian:
1. Tes Tertulis :
a). Di manakah Allah menempatkan Adam setelah Ia menciptakannya?
b). Ceritakan bagaiamana keadaan di Firdaus!
c). Bagimana perasaan hati Adam saat tinggal di Firdaus?
Skor : a : 3. b: 5. c : 4
Skor akhir: Skor perolehan x 100
Total skor
Mengetahui, Surabaya, Juli 2009
Kepala Sekolah Guru Mata Pel
Drs. Vincentius HS Fidelis Gele
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Agama Katolik
Tema :
Kelas/Semester : I/Ganjil
Standar Kompetensi : Memahami pribadi dan lingkungannya serta kedatangan Yesus Kristus sebagai bukti kebaikan Allah, sehingga terdorong untuk mensyukurinya dan mampu mengungkapkan rasa syukur itu melalui doa
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
I. Kompetensi dasar : Mengenal kisah penciptaan dan memahami bahwa Allah adalah Bapa yang maha baik
II. Indikator :
1. Siswa memahami kisah manusia pertama jatuh ke dalam dosa
2. Siswa menyebutkan dosa manusia pertama
3. Siswa menyebutan akibat yang diterima manusia pertama setelah mereka jatuh ke dalam dosa
4. Siswa menyebutkan kata-kata ular penggoda kepada Hawa
5. Siswa memahami sikap yang harus diambil setelah kita berdosa
III. Tujuan Pembelajaran :
1). Melalui tanya jawab siswa dapat memberikan contoh perbuatan anak yang tidak taat pada orang tuanya dan akibatnya.
2). Melalui cerita Kitab Suci siswa dapat memahami kisah jatuhnya manusia ke dalam dosa (Kej 3 : 1 – 8)
3). Siswa dapat menyebut kembali kata-kata ular kepada Hawa
4). Siswa dapat mengetahui dosa manusia pertama
5). Melalui penjelasan siswa dapat mengetahui sikap yang harus diambil setelah berdosa atau berdosa terhadap Tuhan dan sesama.
IV. Materi Pokok : Manusia Jatuh dalam Dosa
V. Metode : a. Tanya jawab
b. Narasi
c. Deskripsi
VI. Kegiatan Pembelajaran:
A. Kegiatan awal :
1. Doa pembuka
2. Tanya jawab materi pelajaran yang lalu
3. Guru memberikan motivasi kepada siswa.
B. Kegiatan inti :
1. Guru bertanya kepada siswa tentang perbuatan apa saja dari seorang anak yang melawan orangtuanya.
2. Guru menceritakan kisah manusia pertama jatuh ke dalam dosa. Kej 3:1-8
3. Guru bertanya jawab dengan siswa tentang cerita di atas
4. Guru memberikan penjelasan
C. Penutup :
1. Kesimpulan : guru menyampaikan kembali butir-butir penting dari materi yang dibahas.
2. Doa penutup
VII. Sarana dan sumber sarana:
Sarana : 1. LCD
2. Cerita tentang Dosa Sola
Sumber Sarana: 1. Kitab Suci, Kej 3:1-8
2. Pengalaman hidup sehari-hari
3. Buku siswa
VIII. Penilaian:
. Tes Lisan :
Soal : 1). Larangan apakah yang diberikan Tuhan kepada Adam dan Hawa?
2). Apa yang dikatakan ular kepada Hawa?
3). Apa akibatnya bagi Adam dan Hawa setelah mereka melanggar larangan Tuhan?
4). Sebutkan 4 contoh perbuatan setiap hari yang sering melanggar larangan Tuhan !
5). Apa yang kita lakukan bila telah berbuat salah kepada sesama atau teman sekelas?
Mengetahui, Surabaya, Juli 2009
Kepala Sekolah Guru Mata Pel
Drs. Vincentius HS Fidelis Gele
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Agama Katolik
Tema :
Kelas/Semester : I/Ganjil
Standar Kompetensi : Memahami pribadi dan lingkungannya serta kedatangan Yesus Kristus sebagai bukti kebaikan Allah, sehingga terdorong untuk mensyukurinya dan mampu mengungkapkan rasa syukur itu melalui doa
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
I. Kompetensi dasar : Mengenal kisah penciptaan dan memahami bahwa Allah adalah Bapa yang maha baik
II. Indikator :
1. Siswa menyebutkan usaha orang tua dalam membahagiakan anak
2. Siswa mengetahui bahwa Allah menjanjikan juru selamat
3. Siswa menyebutkan Juru Selamat yang dijanjikan Allah
III. Tujuan Pembelajaran :
1). Melalui tanya jawab siswa dapat menyebutkan usaha seorang ayah yang baik dalam membahagiakan anaknya.
2). Melalui penjelasan siswa dapat memahami bahwa Allah menjanjikan Juru Selamat
3). Melalui penjelasan siswa dapat mengetahui siapa Juru Selamat yang dijanjikan Tuhan.
IV. Materi Pokok : Allah menjanjikan Juru Selamat
V. Metode : a. Deskripsi
b. Tanya jawab
c. Bercerita
VI. Kegiatan Pembelajaran:
A. Kegiatan awal :
1. doa pembuka
2. Tanya jawab materi pelajaran yang lalu
3. Guru memberikan motivasi serta menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
B. Kegiatan inti :
1. Guru menceritakan kisah : Ayah si Jony
2. Guru bertanya jawab dengan siswa tentang bagaimana usaha seorang ayah dalam membahagikan anaknya.
3. Guru menceritakan kisah dari Kej 12 : 1 – 9
4. Guru memberikan pertanyaan secara lisan kepada siswa untuk langsung dijawab sesuai dengan cerita Kitab Suci di atas.
5. Guru memberikan penjelasan tentang Juru Selamat yang dijanjikan Allah dan mengapa Allah menjanjikan Juru Selamat
C. Penutup :
1. Guru bersama siswa membuat kesimpulan.
2. Doa Syukur
VII. Sarana dan sumber sarana:
Sarana : 1. LCD
2. Cerita tentang Ayah si Jony
Sumber Sarana : 1. Kitab Suci, Kej 12:1-9
2. Pengalaman hidup sehari-hari
3. Buku Siswa
VIII. Penilaian :
Tes Lisan
Soal :
1). Siapakah yang memanggil Abraham untuk meninggalkan negerinya?
2). Apa janji-janji Tuhan kepada Abraham?
3). Siapakah Juru Selamat yang dijanjikan Tuham?
4). Sebutkan tanah yang dijanjikan Tuhan kepada Abraham!
Skor : no.1 = 2
Skor : no.2 = 3
Skor : no.3 = 2
Skor : no 4 = 2
Skor akhir: Skor perolehan x 100
Total skor
Mengetahui, Surabaya, Juli 2009
Kepala Sekolah Guru Mata Pel
Drs. Vincentius HS Fidelis Gele
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Agama Katolik
Tema :
Kelas/Semester : I/Genap
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
I. Kompetensi dasar : mengenal kisah kelahiran Yesus sebagai wujud kasih Allah yang
Mahabaik dan memelihara
II.Indikator : 1. Siswa mengungkapkan perasaan-perasaannya ketika men-
Dengar kabar gembira
2. Siswa menceritakan kisah kabar gembira Malaikat Gabriel
kepada Maria
3. Siswa mengucapkan doa Salam Maria
III. Materi Pokok : Kabar Malaikat Kepada Maria
IV. Kegiatan Pembelajaran:
C. Pendahuluan:1. Tanya jawab materi pelajaran yang lalu
2. Memberikan motivasi
D. Kegiatan inti: 1. Cerita pengalaman
2. Pendalaman cerita Kitab Suci,, Luk1:26 - 38
3. Tanya jawab
4. Bernyanyi lagu Salam Maria, Bagimu
C. Penutup : 1. Kesimpulan
2. Doa Salam Maria
V. Sarana dan sumber sarana:
E. Sarana: 1. Buku, Menjadi Murid Kristus, Kanisius, Pel.11.
2. Cerita Kitab Suci
F. Sumber Sarana: 1. Kitab Suci, Luk 1:26-38
2. Gambar kunjungan Malaikat kepada Maria
VI. Penilaian: 1. Tes Lisan
2. Tes Tulis
Mengetahui, Surabaya, 4 Juni 2007
Kepala Sekolah Guru Mata Pel
Drs. Vincentius HS Fidelis Gele
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Agama Katolik
Tema : Tempat Umum
Kelas/Semester : I/Genap
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Pertemuan : 11
I. Kompetensi dasar : mengenal kisah kelahiran Yesus sebagai wujud kasih Allah yang
Mahabaik dan memelihara
II.Indikator : 1. Siswa mengungkapkan perasaan-perasaannya ketika meraya-
Kan Natal
2. Siswa menceritakan kisah Kelahiran Yesus
3. Siswa menjelaskan artia Natal bagi hidup sehari-hari
III. Materi Pokok : Kelahiran Yesus
IV. Kegiatan Pembelajaran:
G. Pendahuluan:1. Tanya jawab materi pelajaran yang lalu
2. Memberikan motivasi
H. Kegiatan inti: 1. Cerita Kelahiran Yesus, Luk 2: 1 - 20
2. Tanya jawab
3. Menyanyikan lagu: Yesus Slamat Datang
C. Penutup : 1. Kesimpulan
V. Sarana dan sumber sarana:
I. Sarana: 1. Buku, Menjadi Murid Kristus, Kanisius, Pel.12.
2. Cerita Kitab Suci
J. Sumber Sarana: 1. Kitab Suci, Luk 2:1 - 20
2. Seratus Cerita Alkitab, Kanisius
VI. Penilaian: 1. Tes Lisan
2. Tes Tulis
Mengetahui, Surabaya, 4 Juni 2007
Kepala Sekolah Guru Mata Pel
Drs. Vincentius HS Fidelis Gele
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Agama Katolik
Tema : Tempat Umum
Kelas/Semester : I/Genap
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Pertemuan : 12 dan 13
I. Kompetensi dasar : Mewujudkan rasa sykur, hormat dan kasihnya kepada Allah dan
sesama
II.Indikator : 1. Siswa menyebutkan contoh perbuatan mengasihi Allah dan
sesama
2. Siswa menceritakan kisah Yesus mengasihi Allah
III. Materi Pokok : Mengasihi Allah
IV. Kegiatan Pembelajaran:
A.Pendahuluan:1. Tanya jawab materi pelajaran yang lalu
2. Memberikan motivasi
B.Kegiatan inti: 1. Penjelasan bagaimana mengasihi Allah dan sesama
2. Cerita Pak Iwan
3. Menggambar hati
C. Penutup : 1. Kesimpulan
V. Sarana dan sumber sarana:
A.Sarana: 1. Buku, Menjadi Murid Kristus, Kanisius, Pel.13.
2. Gambar
B.Sumber Sarana: 1. Kitab Suci
2. Seratus Cerita Alkitab, Kanisius
3. Allah Memanggil Kita, PAK SD kurikulum’ 84
VI. Penilaian: 1. Tes Lisan
2. Tes Tulis
Mengetahui, Surabaya, 4 Juni 2007
Kepala Sekolah Guru Mata Pel
Drs. Vincentius HS Fidelis Gele
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Agama Katolik
Tema : Tempat Umum
Kelas/Semester : I/Genap
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Pertemuan : 14
I. Kompetensi dasar : Mewujudkan rasa sykur, hormat dan kasihnya kepada Allah dan
sesama
II.Indikator : 1. Siswa menyebutkan contoh perbuatan mengasihi orang lain
2. Siswa menceritakan kisah Orang Samaria yang baik hati
3. Siswa menyebutkan contoh perbuatan mengasihi Allah melalui
sesama
III. Materi Pokok : Mengasihi dan menghormati Sesama
IV. Kegiatan Pembelajaran:
A.Pendahuluan:1. Tanya jawab materi pelajaran yang lalu
2. Memberikan motivasi
B.Kegiatan inti: 1. Cerita: Nona Klara
2. Tanya Jawab
3. Cerita orang Samaria yang baik hati, Luk10:25 – 37
4. Tanya jawab
C. Penutup : 1. Kesimpulan
2. Penugasan
V. Sarana dan sumber sarana:
A.Sarana: 1. Buku, Menjadi Murid Kristus, Kanisius, Pel.15.
2. Kitab Suci
3. Gambar
B.Sumber Sarana: 1. Kitab Suci
2. Seratus Cerita Alkitab, Kanisius
3. Allah Memanggil Kita, PAK SD kurikulum’ 84
VI. Penilaian: 1. Tes Lisan
2. Tes Tulis
Mengetahui, Surabaya, 4 Juni 2007
Kepala Sekolah Guru Mata Pel
Drs. Vincentius HS Fidelis Gele
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Agama Katolik
Tema : Kegiatan sehari-hari
Kelas/Semester : I/Genap
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Pertemuan : 15
I. Kompetensi dasar : Mengungkapkan syukur, hormat dan kasihnya kepada Allah me-
Lalui doa-doa
II.Indikator : 1. Siswa menjelaskan arti doa
2. Siswa menceritakan kisah Yesus mengajarkan doa Bapa Kami
3. Siswa menghafalkan doa Bapa Kami
III. Materi Pokok : Doa Bapa Kami
IV. Kegiatan Pembelajaran:
A.Pendahuluan:1. Membacakan doa Bapa Kami
2. Memberikan motivasi
B.Kegiatan inti: 1. Menghafalkan doa Bapa Kami
2. Cerita Kitab Suci, Luk 11: 1 – 13
3. Tanya jawab
4. Mendalami arti doa Bapa Kami
C. Penutup : 1. Kesimpulan
2. Mendoakan kembali doa Bapa Kami
V. Sarana dan sumber sarana:
A.Sarana: 1. Buku, Menjadi Murid Kristus, Kanisius, Pel.16.
2. Kitab Suci
B.Sumber Sarana: 1. Kitab Suci
2. Iman Katolik, KWI
3. Allah Memanggil Kita, PAK SD kurikulum’ 84
VI. Penilaian: 1. Tes Lisan
2. Tes Tulis
Mengetahui, Surabaya, 4 Juni 2007
Kepala Sekolah Guru Mata Pel
Drs. Vincentius HS Fidelis Gele
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Agama Katolik
Tema : Kegiatan sehari-hari
Kelas/Semester : I/Genap
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Pertemuan : 16 dan 17
I. Kompetensi dasar : Mengungkapkan syukur, hormat dan kasihnya kepada Allah me-
Lalui doa-doa
II.Indikator : 1. Siswa menceritakan kisah penyembuhan 10 orang kusta
2. Siswa menyanyikan lagu Terimakasih
3. Siswa mendoakan doa Syukur dan doa pujian
III. Materi Pokok : Doa syukur dan pujian
IV. Kegiatan Pembelajaran:
A.Pendahuluan:1. Penekananan kembali materi yang lalu
2. Memberikan motivasi
B.Kegiatan inti: 1. Mendalami cerita Kitab Suci
2. Tanya jawab
3. Mendalami arti doa syukur dan permohonan
C. Penutup : 1. Kesimpulan
2. Menyusun doa syukur
V. Sarana dan sumber sarana:
A.Sarana: 1. Buku, Menjadi Murid Kristus, Kanisius, Pel.17.
2. Kitab Suci
B.Sumber Sarana: 1. Kitab Suci
2. Iman Katolik, KWI
3. Allah Memanggil Kita, PAK SD kurikulum’ 84
VI. Penilaian: 1. Tes Lisan
2. Tes Tulis
Mengetahui, Surabaya, 4 Juni 2007
Kepala Sekolah Guru Mata Pel
Drs. Vincentius HS Fidelis Gele
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Agama Katolik
Tema : Kegiatan sehari-hari
Kelas/Semester : I/Genap
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Pertemuan : 18
I. Kompetensi dasar : Mengungkapkan syukur, hormat dan kasihnya kepada Allah me-
Lalui doa-doa
II.Indikator : 1. Siswa menceritakan pengalaman memohon bantuan
2. Siswa menceritakan kisah Yesus menyembuhkan hamba
perwira
3. Siswa mengucapkan satu doa permohonan
III. Materi Pokok : Doa permohonan
IV. Kegiatan Pembelajaran:
A.Pendahuluan:1. Dialog
2. Memberikan motivasi
B.Kegiatan inti: 1. Mendalami cerita Tura Kambu Lawang
2. Tanya jawab
3. Mendalami cerita Kitab Suci: Luk 7: 1 - 10
C. Penutup : 1. Kesimpulan
2. Menyusun doa permohonan/penugasan
V. Sarana dan sumber sarana:
A.Sarana: 1. Buku, Menjadi Murid Kristus, Kanisius, Pel.19.
2. Kitab Suci
B.Sumber Sarana: 1. Kitab Suci
2. Iman Katolik, KWI
3. Allah Memanggil Kita, PAK SD kurikulum’ 84
VI. Penilaian: 1. Tes Lisan
2. Tes Tulis
Mengetahui, Surabaya, 4 Juni 2007
Kepala Sekolah Guru Mata Pel
Drs. Vincentius HS Fidelis Gele
Mata Pelajaran : Agama Katolik
Tema :
Kelas/Semester : I/Ganjil
Standar Kompetensi : Memahami pribadi dan lingkungannya serta kedatangan Yesus Kristus sebagai bukti kebaikan Allah, sehingga terdorong untuk mensyukurinya dan mampu mengungkapkan rasa syukur itu melalui doa
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
I. Kompetensi Dasar : Mengenal diri dan lingkungannya dan mensyukurinya sebagai Karunia Allah
II. Indikator :1. Siswa menyebutkan berbagai anggota tubuh
2. Siswa menyebutkan fungsi anggota tubuh
2. Siswa memahami bahwa anggota tubuh diciptakan oleh Tuhan
3. Siswa bersyukur kepada Tuhan atas anggota tubuh
yang diciptakan
III. Tujuan Pembelajaran :
1. Melalui pengamatan gambar siswa mengetahui macam-macam anggota tubuh
2. Siswa memahami manfaat masing-masing anggota tubuh
3. Siswa memahami bahwa semua anggota tubuh diciptakan oleh Tuhan dan harus dijaga dan dipelihara
4. Siswa memahami bahwa anggota tubuh yang diciptakan Tuhan dipergunakan untuk melakukan hal-hal yang baik
5. Siswa dapat menyatakan rasa syukurnya kepada Tuhan
IV. Materi pokok : Saya memiliki rupa-rupa anggota tubuh
V. Metode: 1. Peragaan
2. Picture dan picture
VI. Langkah-langkah pembelajaran:
Pertemuan I
A. Kegiatan awal : 1. Perkenalan
2. Memperkenalkan doa dan cara berdoa
3. Motivasi
B. Kegiatan inti :
1. Guru menunjukkan gambar anggota tubuh
2. Siswa mengamati gambar yang ditunjukkan
3. Siswa menyebutkan nama anggota tubuh sesuai dengan gambar
4. Siswa di minta menyebutkan menyebutkan fungsimasing-masing anggota tubuh
5. Guru memberikan penjelasan
C. Penutup : 1. Kesimpulan : Guru bersama siswa menekankan kembali butir-butir penting dari materi yang dijelaskan
2. Siswa diberikan tugas menyusun doa spontan singkat sebagai pernyataan syukur kepada Tuhan.
VII. Sarana dan sumber belajar:
A. Sarana : Gambar anggota tubuh dan LCD
B. Sumber belajar :
1. Buku Siswa 1: Menjadi Murid Yesus, Kanisius Pel.1
VIII. Penilaian:
1. Tes lisan
Soal: 1. Sebutkan anggota tubuh manusia!
2. Sebutkan fungsi masing-masing anggota tubuh!
3. Siapa yang menciptakan semua anggota tubuh kita?
4. Bagaimana cara merawat anggota tubuh kita?
5. Tuliskan sebuah doa syukur kepada Tuhan atas anggota tubuh kita!
Skor: no.1 . 2 . 4 : 3
no. 3 :2 dan no 5 : 5
Skor akhir: jumlah skor perolehan x 100
Total skor
2. Tes Tugas:
Soal : Susunlah doa spontan sebagai rasa syukur anda kepada Tuhan atas anggota tubuh yang sudah diberikanNya!
Aspek penilaian :
1. Bahasa : 50
2. Isi : 50
Mengetahui, Surabaya, Juli 2009
Kepala Sekolah Guru Mata Pel
Drs. Vincentius HS Fidelis Gele
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Agama Katolik
Tema :
Kelas/Semester : I/Ganjil
Standar Kompetensi : Memahami pribadi dan lingkungannya serta kedatangan Yesus Kristus sebagai bukti kebaikan Allah, sehingga terdorong untuk mensyukurinya dan mampu mengungkapkan rasa syukur itu melalui doa
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
I. Kompetensi Dasar : Mengenal diri dan lingkungannya dan mensyukurinya sebagai karunia Allah
II. Indikator : 1. Siswa menyebutkan perbuatan yang dilakukan oleh anggota tubuh
2. Siswa membedakan perbuatan baik dan tidak baik yang harus dilakukan oleh anggota tubuh
3. Siswa menyebutkan perbuatan-perbuatan baik yang dilakukan oleh anggota tubuh.
III. Tujuan Pembelajaran :
1. Melalui tanya jawab siswa mengetahui perbuatan yang dilakukan oleh anggota tubuh
2. Melalui penjelasan siswa membedakan perbuatan baik yang harus dilakukan dengan perbuatan yang tidak baik yang harus dihindari
3. Melalui penjelasan siswa menyebutkan perbuatan baik dalam kehidupan sehari-hari yang dilakukan anggota tubuh
IV. Materi pokok : Saya dapat melakukan rupa-rupa perbuatan
V. Metode : 1. Sharing
2. Tanya jawab
3. Ceramah
VI. Kegiatan pembelajaran :
Pertemuan I
A. Kegiatan awal :
1. Doa pembuka
2. Penekanan kembali bahan sebelumnya/apersepsi
3. Mendoakan bersama doa-doa pokok Gereja
4. Guru memberikan motivasi serta menyampaikan tujuan pembelajaran
B. Kegiatan inti :
1. Guru bertanya kepada siswa tentang fungsi anggota tubuh:
tangan, mulut, kaki, telinga dan lain-lain.
2. Guru memberikan penjelasan tentang fungsi anggota tubuh.
3. Guru bertanya-jawab tentang perbuatan baik dan tidak baik yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh anggota tubuh.
4. Guru memberikan penjelasan tentang pebuatan-perbuatan baik yang dilakukan oleh anggota tubuh.
C. Penutup :
1. Guru bersama siswa membuat kesimpulan dari materi yang dibahas.
2. Bernyanyi bersama
3. Doa penutup
VII. Sarana dan sumber belajar:
A. Sarana : Keyboard dan teks lagu serta LCD
B. Sumber belajar :
1. Buku siswa Pel.2
2. Cuplikan Film
3. Alkitab
V. Penilaian:
1. Tes Penugasan : Tulislah perbuatan baik apa saja yang dilakukan dengan anggota tubuh: tangan, kaki, mulut, mata, telinga, masing-masing 3.
@. Penilaian : a. Tangan : Skor : 3-2-1-0
b. Kaki : Skor : 3-2-1-0
c. Mulut : Skor : 3-2-1-0
d. Mata : Skor : 3-2-1-0
e. Telinga : Skor : 3-2-1-0
2. Tes tulis
Soal: 1. Sebutkan fungsi positif dari tangan! (skor 3)
2. Sebutkan fungsi positif dari mulut! (skor 3)
3. Kita mengucap syukur kepada Tuhan dengan anggota tubuh … (1)
4. Apa yang kita buat agar anggota tubuh selalu bermanfaat baik? (3)
5. Sebutkan perbuatan baik apa saja yang berguna bagi diri dan sesama! (3)
Skor akhir: jumlah skor perolehan x 100
Total
Mengetahui, Surabaya, Juli 2009 Kepala Sekolah Guru Mata Pel
Drs. Vincentius HS Fidelis Gele
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Agama Katolik
Tema :
Kelas/Semester : I/Ganjil
Standar Kompetensi : Memahami pribadi dan lingkungannya serta kedatangan Yesus Kristus sebagai bukti kebaikan Allah, sehingga terdorong untuk mensyukurinya dan mampu mengungkapkan rasa syukur itu melalui doa
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
I. Kompetensi Dasar : Mengenal diri dan lingkungannya dan mensyukurinya sebagai Karunia Allah
II. Indikator : 1. Siswa menyebutkan perbuatan baik yang dilakukan ayah dan ibu kepada kita
2. Siswa menyebutkan perbuatan cinta kepada ayah dan ibu
3. Siswa memahami bahwa ayah dan ibu adalah karunia Tuhan kepada kita.
III. Tujuan Pembelajaran :
1). Melalui tanya jawab siswa mengetahui dan memahami jasa baik ayah dan ibu terhadap dirinya.
2). Melalui penjelasan guru siswa mengetahui perbuatan cinta dan hormat pada ayah dan ibunya
3). Melalui penjelasan siswa memahami bahwa ayah dan ibu adalah karunia Tuhan kepada mereka
4) Siswa dapat mendokan ayah dan ibu dalam doa singkat sederhana.
IV. Materi pokok : Ibu dan Bapak
V. Metode :
1. Tanya jawab
2. Deskripsi
VI. Kegiatan pembelajaran :
Pertemuan I
A.Kegiatan awal :
1. Doa pembuka
2. Penekanan kembali bahan sebelumnya
3. Mendoakan bersama doa-doa pokok Gereja
4. Guru memberikan motivasi dengan menyanyikan lagu : Kasih Ibu
B.Kegiatan inti :
1. Guru membuka dengan tanya jawab tentang orang tua siswa nama, tempat tinggal dll.
2. Guru bertanya tentang perbuatan apa saja yang dilakukan ayah dan ibu kepada mereka.
3. Guru memberikan penjelasan tentang jasa-jasa orang tua kepada anak-anaknya.
4. Siswa diminta untuk menyampaikan perbuatan apa saja yang mereka lakukan pada ayah dan ibu.
5. Guru memberikan masukan tentang sikap apa saja yang harus kita tunjukkan pada orang tua, orang tua sebagai karunia Tuhan.
C. Penutup :
1. Guru bersama siswa membuat kesimpulan bersama tentang hal-hal penting dari materi yang didalami.
2. Penugasan : Siswa diminta menyusun doa singkat untuk orangtua.
3. Doa penutup
VII. Sarana dan sumber belajar:
A. Sarana : LCD
Sumber belajar : Buku sisa pel.3 dan Alkitab
VIII. Penilaian:
1. Penugasan
Soal: Susunlah doa untuk orang tua dalam sebuah surat lalu diisikan dalam amplop kemudian diserahkan kepada orangtua!
Penilaian: 1. Tanda tangan orangtua (10)
2. Komentar orangtua (10)
3. Susunan dan isi doa (60)
4. Kemasan amplop (20)
Mengetahui, Surabaya, Juli 2009 Kepala Sekolah Guru Mata Pel
Drs. Vincentius HS Fidelis Gele
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Agama Katolik
Tema :
Kelas/Semester : I/Ganjil
Standar Kompetensi : Memahami pribadi dan lingkungannya serta kedatangan Yesus Kristus sebagai bukti kebaikan Allah, sehingga terdorong untuk mensyukurinya dan mampu mengungkapkan rasa syukur itu melalui doa
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
I. Kompetensi Dasar : Mengenal diri dan lingkungannya dan mensyukurinya sebagai karunia Allah.
II. Indikator :
1. Siswa menyebutkan fungsi rumah dan sekolah
2. Siswa menyebutkan cara merawat rumah dan
sekolah
III. Tujuan Pembelajaran :
1). Melalui tanya jawab siswa memahami fungsi rumah dan sekolah
2). Melalui pernjelasan siswa dapat mengetahui bagaimana memelihara dan merawat rumah dan sekolah.
3) Siswa dapat memahami bahwa Tuhan telah mempercayakan kepada kita rumah dan sekolah dan untuk itu rumah dan sekolah harus dijaga dan dirawat.
IV. Materi pokok : 1. Rumah tempat tinggalku
2. Sekolah tempat belajarku
V. Metode :
1. Sharing
2. Tanya jawab
VI. Kegiatan pembelajaran :
A.Pendahuluan :
1. Doa pembuka
2. Pengulangan kembali bahan pelajaran sebelumnya/apersepsi
3. Guru memberikan motivasi kepada siswa
B.Kegiatan inti :
1. Guru membuka dengan percakapan tentang rumah siswa, alamatnya dll. Selanjutnya membuka dialog tentang sekolah mereka.
2. Guru bertanya tentang manfaat rumah dan sekolah bagi diri mereka sendiri.
3. Guru memberikan penjelasan tentang manfaat rumah dan sekolah.
4. Selanjutnya guru membuka kembali dialog tentang perbuatan apa saja yang harus ditunjukkan dalam merawat dan memelihara rumah.
5. Guru memberikan masukan tentang bagaimana sikap dan tindakan memelihara dan merawat rumah dan sekolah
6. Siswa diminta untuk menggambar gedung sekolah mereka
C. Penutup :
1. Guru bersama siswa membuat kesimpulan
2. Doa penutup
VII. Sarana dan sumber belajar:
A. Sarana : 1. Gambar Rumah dan Sekolah
2. Pensil warna dan buku gambar
B. Sumber belajar: 1. Pengalaman siswa,
2. Buku Pendidikan budi pekerti, Gramedia
3. Buku siswa.
VIII. Penilaian: 1. Tes tulis
Soal: 1. Sebutkan 4 fungsi rumah! (2)
2. Sebutkan 4 fungsi sekolah! (2)
3. Sebutkan bagaimana cara merawat rumah dan sekolah? (3)
4. Sebutkan rumah dan sekolah seperti apa yang anda suka! (2)
5. Apa yang terjadi kalau kita tidak mempunyai rumah? (2)
Skor akhir: jumlah skor perolehan x 100
Total skor
Mengetahui, Surabaya, Juli 2009
Kepala Sekolah Guru Mata Pel
Drs. Vincentius HS Fidelis Gele
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Agama Katolik
Tema :
Kelas/Semester : I/Ganjil
Standar Kompetensi : Memahami pribadi dan lingkungannya serta kedatangan Yesus Kristus sebagai bukti kebaikan Allah, sehingga terdorong untuk mensyukurinya dan mampu mengungkapkan rasa syukur itu melalui doa
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
I. Kompetensi dasar : mengenal kisah penciptaan dan memahami bahwa Allah adalah Bapa yang maha baik
II. Indikator :
1. Siswa mengenal kisah penciptaan langit dan bumi seperti yang diceritakan dalam Kitab Kejadian
2. Siswa memahami bahwa Tuhan adalah pencipta segala sesuatu.
3. Siswa menyebutkan berbagai ciptaan Tuhan.
4. Siswa menyebutkkan ciptaan Tuhan yang paling istimewa.
5. Siswa mengetahui tugas manusia terhadap ciptaan lain
III. Tujuan Pembelajaran :
1). Melalui menyimak cerita siswa mengenal kisah penciptaan seperti yang dilukiskan dalam Kitab Kejadian
2). Melalui menyimak cerita, siswa memahami bahwa Tuhan adalah pencipta alam semesta
3). Melalui pengamatan siswa mengetahui tentang berbagai ciptaan Tuhan yang berada disekitar mereka.
4). Melalui ceramah siswa memahami bahwa manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan yang paling istimewa
5). Siswa menyadari bahwa semua ciptaan Tuhan diperuntukkan bagi manusia agar digunakan dan dipelihara.
IV. Materi Pokok : Allah Menciptaan Langit dan Bumi
V. Metode : a. Observasi
b. Ceramah
c. Narasi
VI. Kegiatan Pembelajaran:
Pertemuan I
A. Kegiatan awal :
1. Doa pembuka
2. Penekanan kembali materi pelajaran yang lalu/apersepsi
3. Guru memberikan motivasi dan menyampaikan tujuan pembelajaran
B. Kegiatan inti:
1. Guru membuka pertemuan dengan bercerita tentang kisah penciptaan alam semesta sesuai dengan Kej 1:1-26
2. Siswa diminta mengamati benda apa saja yang ada di luar kelas dan mencatatnya.
3. Guru meminta siswa menyebut kembali apa yang mereka amati dan catat.
4. Guru memberikan penjelasan dan masukan.
5. Guru bersama siswa mempelajari dan menyanyikan bersama lagu : Alangkah megah.
C. Penutup :
1. Guru bersama siswa membuat kesimpulan bersama tentang materi yang dibahas.
2. Penugasan
3. Doa penutup
VII. Sarana dan sumber pembelajaran:
A. Sarana :
1. Puji Syukur
2. Gambar pemandangan alam
B. Sumber :
1. Kitab Suci, Kej 1:1-24
2. Manuskrip Persiapan komuni pertama
3. Buku, Menjadi Murid Kristus, Kanisius, Pel.6
VIII. Penilaian:
1. Tes Penugasan :
Gambarlah sebuah pemandangan alam yang dihiasi oleh makhluk ciptaan Tuhan seperti diceritakan dalam Kitab Kejadian
Penilaian : a). Kelengkapan gambar
b). Keindahan gambar
2. Tes tertulis :
Soal :
a) Siapakah yang menciptakan langit dan bumi?
b) Berapa hari Tuhan menciptaakan alam semesta?
c) Sebutkan ciptaan tuhan yang paling istimewa?
d) Apa tugas kita terhadap makhluk ciptaan lain?
Penilaian :
Skor maksimal : soal a : 2
Soal b : 2
Soal c : 3
Soal d : 5
Skor akhir : Skor perolehan x 100
Total skor
Mengetahui, Surabaya, July 2009
Kepala Sekolah Guru Mata Pel
Drs. Vincentius HS Fidelis Gele
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Agama Katolik
Tema :
Kelas/Semester : I/Ganjil
Standar Kompetensi : Memahami pribadi dan lingkungannya serta kedatangan Yesus Kristus sebagai bukti kebaikan Allah, sehingga terdorong untuk mensyukurinya dan mampu mengungkapkan rasa syukur itu melalui doa
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
I. Kompetensi dasar : Mengenal kisah penciptaan dan memahami bahwa Allah adalah Bapa yang maha baik
II. Indikator :
1. Siswa mengetahui kisah penciptaan manusia pertama
2. Siswa menyebutkan nama manusia pertama
3. Siswa memahami kedudukan pria dan wanita
4. Siswa menyebutkkan contoh sikap menghormati pria dan
Wanita
5. Siswa membedakan kekhasan manusia pria dan wanita
III. Tujuan Pembelajaran :
a) Melalui pengamatan gambar siswa memahami bahwa manusia adalah ciptaan Tuhan pria dan wanita
b) Melalui pengamatan gambar siswa memahami perbedaan manusia laki-laki dan wanita
c) Melalui cerita Kitab Suci siswa memahami bagaimana Tuhan menciptakan manusia pria dan wanita
d) Melalui cerita Kitab Suci siswa mengetahui nama manusia pertama
e) Melalui deskripsi siswa memahami kedudukan pria dan wanita
f) Melalui deskripsi siswa menyebutkan perbedaan pria dan wanita
g) Melalui deskripsi siswa dapat mengetahui bagaimana sikap menghormati lawan jenis
IV. Materi Pokok : Allah Menciptaan Manusia
V. Metode : 1. Examples non Examples
2. Narasi
3. Deskripsi
VI. Kegiatan Pembelajaran:
A. Kegiatan awal :
1. Doa pembuka
2. Penekanan kembali materi pelajaran yang lalu
3. Melafalkan kembali doa-doa pokok
B. Kegiatan inti : 1. Guru menunjukkan gambar manusia pria dan wanita
2. Siswa mengamati gambar
3. Siswa diminta menyebutkan perbedaan pria dan wanita
4. Guru mencermati kisah penciptaan dari Teks Kej 1:26-31
5. Guru berdialog dengan siswa tentang cerita yang diperdengarkan.
6. Guru memberikan penjelasan tentang penciptaan manusia pertama.
C. Penutup :
1. Kesimpulan
2. Penugasan
3. Doa penutup
VII. Sarana dan sumber sarana:
Sarana : 1. Gambar manusia dan makhluk ciptaan lain
2. LCD
Sumber belaja : 1. Kitab Suci, Kej 1:26-31
2. Pengalaman hidup sehari-hari
3. Buku Siswa
VIII. Penilaian:
1. Tes penugasan :
Siswa menuliskan perbedaan jasmani dan rohani antara pria dan wanita.
Aspek yang dinilai: (lihat tabel)
NO ASPEK PRIA WANITA
Jasmani 1. 1.
2. 2.
3. 3
4. 4
5. 5
2 Rohani 1. 1.
2. 2.
3. 3.
4. 4.
5. 5.
3. Tes Tertulis:
Soal: 1). Mengapa manusia disebut ciptaan yang paling istimewa? (skor: 3 )
2). Apa tujuan Tuhan memberikan semua ciptaan lain kepada manusia? (skor: 3)
3). Pada hari ke berapakah Tuhan menciptakan manusia?
(skor : 2)
4). Apa tugas manusia terhadap ciptaan lain? (skor : 3)
5). Siapakah nama yang diberikan kepada manusia pertama?
(skor : 2)
Skor akhir: Skor perolehan x 100
Total skor
Mengetahui, Surabaya, Juli 2009
Kepala Sekolah Guru Mata Pel
Drs. Vincentius HS Fidelis Gele
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Agama Katolik
Tema :
Kelas/Semester : I/Ganjil
Standar Kompetensi : Memahami pribadi dan lingkungannya serta kedatangan Yesus Kristus sebagai bukti kebaikan Allah, sehingga terdorong untuk mensyukurinya dan mampu mengungkapkan rasa syukur itu melalui doa
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
I. Kompetensi dasar : Mengenal kisah penciptaan dan memahami bahwa Allah adalah Bapa yang maha baik
II. Indikator :
1. Siswa memahami kisah manusia pertama di taman Eden
2. Siswa mengetahui tugas manusia terhadap Taman Eden
3. Siswa menyebutan perbuatan baik Allah kepada manusia
III. Tujuan Pembelajaran :
1). Melalui tanya jawab siswa menyebutkan perbuatan orang tua yang membimbing dan memelihara anaknya.
2). Melalui penjelasan siswa dapat mengetahui perbuatan Allah yang Mahabaik dalam membimbing dan memelihara manusia.
3). Melalui menyimak cerita Siswa dapat menyebutkan tugas manusia terhadap Taman Eden
IV. Materi Pokok : Manusia di Taman Firdaus
V. Metode :
1. Narasi
2. Tanya jawab
3. Deskripsi
VI. Kegiatan Pembelajaran:
A. Kegiatan awal :
1. Doa pembuka
2. Apersepsi
3. Guru memberikan motivasi kepada siswa
B. Kegiatan inti :
1. Guru bertanya tentang perbuatan baik apa saja yang dilakukan orang tua terhadap anaknya.
2. Guru menceritakan kisah manusia di Taman Eden, Kej 2: 8-17
3. Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa tentang kisah manusia di Taman eden.
4. Guru memberikan penjelasan lanjutan sesuai dengan bahan tanya jawab di atas.
C. Penutup :
1. Guru bersama siswa menegaskan kembali hal-hal penting dari materi yang dibahas.
2. Doa penutup
VII. Sarana dan sumber sarana:
Sarana : 1. Gambar pria dan wanita
2. LCD
Sumber Sarana: 1. Kitab Suci, Kej 2:8-17
2. Pengalaman hidup sehari-hari
3. Buku Siswa
VIII. Penilaian:
1. Tes Tertulis :
a). Di manakah Allah menempatkan Adam setelah Ia menciptakannya?
b). Ceritakan bagaiamana keadaan di Firdaus!
c). Bagimana perasaan hati Adam saat tinggal di Firdaus?
Skor : a : 3. b: 5. c : 4
Skor akhir: Skor perolehan x 100
Total skor
Mengetahui, Surabaya, Juli 2009
Kepala Sekolah Guru Mata Pel
Drs. Vincentius HS Fidelis Gele
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Agama Katolik
Tema :
Kelas/Semester : I/Ganjil
Standar Kompetensi : Memahami pribadi dan lingkungannya serta kedatangan Yesus Kristus sebagai bukti kebaikan Allah, sehingga terdorong untuk mensyukurinya dan mampu mengungkapkan rasa syukur itu melalui doa
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
I. Kompetensi dasar : Mengenal kisah penciptaan dan memahami bahwa Allah adalah Bapa yang maha baik
II. Indikator :
1. Siswa memahami kisah manusia pertama jatuh ke dalam dosa
2. Siswa menyebutkan dosa manusia pertama
3. Siswa menyebutan akibat yang diterima manusia pertama setelah mereka jatuh ke dalam dosa
4. Siswa menyebutkan kata-kata ular penggoda kepada Hawa
5. Siswa memahami sikap yang harus diambil setelah kita berdosa
III. Tujuan Pembelajaran :
1). Melalui tanya jawab siswa dapat memberikan contoh perbuatan anak yang tidak taat pada orang tuanya dan akibatnya.
2). Melalui cerita Kitab Suci siswa dapat memahami kisah jatuhnya manusia ke dalam dosa (Kej 3 : 1 – 8)
3). Siswa dapat menyebut kembali kata-kata ular kepada Hawa
4). Siswa dapat mengetahui dosa manusia pertama
5). Melalui penjelasan siswa dapat mengetahui sikap yang harus diambil setelah berdosa atau berdosa terhadap Tuhan dan sesama.
IV. Materi Pokok : Manusia Jatuh dalam Dosa
V. Metode : a. Tanya jawab
b. Narasi
c. Deskripsi
VI. Kegiatan Pembelajaran:
A. Kegiatan awal :
1. Doa pembuka
2. Tanya jawab materi pelajaran yang lalu
3. Guru memberikan motivasi kepada siswa.
B. Kegiatan inti :
1. Guru bertanya kepada siswa tentang perbuatan apa saja dari seorang anak yang melawan orangtuanya.
2. Guru menceritakan kisah manusia pertama jatuh ke dalam dosa. Kej 3:1-8
3. Guru bertanya jawab dengan siswa tentang cerita di atas
4. Guru memberikan penjelasan
C. Penutup :
1. Kesimpulan : guru menyampaikan kembali butir-butir penting dari materi yang dibahas.
2. Doa penutup
VII. Sarana dan sumber sarana:
Sarana : 1. LCD
2. Cerita tentang Dosa Sola
Sumber Sarana: 1. Kitab Suci, Kej 3:1-8
2. Pengalaman hidup sehari-hari
3. Buku siswa
VIII. Penilaian:
. Tes Lisan :
Soal : 1). Larangan apakah yang diberikan Tuhan kepada Adam dan Hawa?
2). Apa yang dikatakan ular kepada Hawa?
3). Apa akibatnya bagi Adam dan Hawa setelah mereka melanggar larangan Tuhan?
4). Sebutkan 4 contoh perbuatan setiap hari yang sering melanggar larangan Tuhan !
5). Apa yang kita lakukan bila telah berbuat salah kepada sesama atau teman sekelas?
Mengetahui, Surabaya, Juli 2009
Kepala Sekolah Guru Mata Pel
Drs. Vincentius HS Fidelis Gele
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Agama Katolik
Tema :
Kelas/Semester : I/Ganjil
Standar Kompetensi : Memahami pribadi dan lingkungannya serta kedatangan Yesus Kristus sebagai bukti kebaikan Allah, sehingga terdorong untuk mensyukurinya dan mampu mengungkapkan rasa syukur itu melalui doa
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
I. Kompetensi dasar : Mengenal kisah penciptaan dan memahami bahwa Allah adalah Bapa yang maha baik
II. Indikator :
1. Siswa menyebutkan usaha orang tua dalam membahagiakan anak
2. Siswa mengetahui bahwa Allah menjanjikan juru selamat
3. Siswa menyebutkan Juru Selamat yang dijanjikan Allah
III. Tujuan Pembelajaran :
1). Melalui tanya jawab siswa dapat menyebutkan usaha seorang ayah yang baik dalam membahagiakan anaknya.
2). Melalui penjelasan siswa dapat memahami bahwa Allah menjanjikan Juru Selamat
3). Melalui penjelasan siswa dapat mengetahui siapa Juru Selamat yang dijanjikan Tuhan.
IV. Materi Pokok : Allah menjanjikan Juru Selamat
V. Metode : a. Deskripsi
b. Tanya jawab
c. Bercerita
VI. Kegiatan Pembelajaran:
A. Kegiatan awal :
1. doa pembuka
2. Tanya jawab materi pelajaran yang lalu
3. Guru memberikan motivasi serta menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
B. Kegiatan inti :
1. Guru menceritakan kisah : Ayah si Jony
2. Guru bertanya jawab dengan siswa tentang bagaimana usaha seorang ayah dalam membahagikan anaknya.
3. Guru menceritakan kisah dari Kej 12 : 1 – 9
4. Guru memberikan pertanyaan secara lisan kepada siswa untuk langsung dijawab sesuai dengan cerita Kitab Suci di atas.
5. Guru memberikan penjelasan tentang Juru Selamat yang dijanjikan Allah dan mengapa Allah menjanjikan Juru Selamat
C. Penutup :
1. Guru bersama siswa membuat kesimpulan.
2. Doa Syukur
VII. Sarana dan sumber sarana:
Sarana : 1. LCD
2. Cerita tentang Ayah si Jony
Sumber Sarana : 1. Kitab Suci, Kej 12:1-9
2. Pengalaman hidup sehari-hari
3. Buku Siswa
VIII. Penilaian :
Tes Lisan
Soal :
1). Siapakah yang memanggil Abraham untuk meninggalkan negerinya?
2). Apa janji-janji Tuhan kepada Abraham?
3). Siapakah Juru Selamat yang dijanjikan Tuham?
4). Sebutkan tanah yang dijanjikan Tuhan kepada Abraham!
Skor : no.1 = 2
Skor : no.2 = 3
Skor : no.3 = 2
Skor : no 4 = 2
Skor akhir: Skor perolehan x 100
Total skor
Mengetahui, Surabaya, Juli 2009
Kepala Sekolah Guru Mata Pel
Drs. Vincentius HS Fidelis Gele
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Agama Katolik
Tema :
Kelas/Semester : I/Genap
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
I. Kompetensi dasar : mengenal kisah kelahiran Yesus sebagai wujud kasih Allah yang
Mahabaik dan memelihara
II.Indikator : 1. Siswa mengungkapkan perasaan-perasaannya ketika men-
Dengar kabar gembira
2. Siswa menceritakan kisah kabar gembira Malaikat Gabriel
kepada Maria
3. Siswa mengucapkan doa Salam Maria
III. Materi Pokok : Kabar Malaikat Kepada Maria
IV. Kegiatan Pembelajaran:
C. Pendahuluan:1. Tanya jawab materi pelajaran yang lalu
2. Memberikan motivasi
D. Kegiatan inti: 1. Cerita pengalaman
2. Pendalaman cerita Kitab Suci,, Luk1:26 - 38
3. Tanya jawab
4. Bernyanyi lagu Salam Maria, Bagimu
C. Penutup : 1. Kesimpulan
2. Doa Salam Maria
V. Sarana dan sumber sarana:
E. Sarana: 1. Buku, Menjadi Murid Kristus, Kanisius, Pel.11.
2. Cerita Kitab Suci
F. Sumber Sarana: 1. Kitab Suci, Luk 1:26-38
2. Gambar kunjungan Malaikat kepada Maria
VI. Penilaian: 1. Tes Lisan
2. Tes Tulis
Mengetahui, Surabaya, 4 Juni 2007
Kepala Sekolah Guru Mata Pel
Drs. Vincentius HS Fidelis Gele
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Agama Katolik
Tema : Tempat Umum
Kelas/Semester : I/Genap
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Pertemuan : 11
I. Kompetensi dasar : mengenal kisah kelahiran Yesus sebagai wujud kasih Allah yang
Mahabaik dan memelihara
II.Indikator : 1. Siswa mengungkapkan perasaan-perasaannya ketika meraya-
Kan Natal
2. Siswa menceritakan kisah Kelahiran Yesus
3. Siswa menjelaskan artia Natal bagi hidup sehari-hari
III. Materi Pokok : Kelahiran Yesus
IV. Kegiatan Pembelajaran:
G. Pendahuluan:1. Tanya jawab materi pelajaran yang lalu
2. Memberikan motivasi
H. Kegiatan inti: 1. Cerita Kelahiran Yesus, Luk 2: 1 - 20
2. Tanya jawab
3. Menyanyikan lagu: Yesus Slamat Datang
C. Penutup : 1. Kesimpulan
V. Sarana dan sumber sarana:
I. Sarana: 1. Buku, Menjadi Murid Kristus, Kanisius, Pel.12.
2. Cerita Kitab Suci
J. Sumber Sarana: 1. Kitab Suci, Luk 2:1 - 20
2. Seratus Cerita Alkitab, Kanisius
VI. Penilaian: 1. Tes Lisan
2. Tes Tulis
Mengetahui, Surabaya, 4 Juni 2007
Kepala Sekolah Guru Mata Pel
Drs. Vincentius HS Fidelis Gele
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Agama Katolik
Tema : Tempat Umum
Kelas/Semester : I/Genap
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Pertemuan : 12 dan 13
I. Kompetensi dasar : Mewujudkan rasa sykur, hormat dan kasihnya kepada Allah dan
sesama
II.Indikator : 1. Siswa menyebutkan contoh perbuatan mengasihi Allah dan
sesama
2. Siswa menceritakan kisah Yesus mengasihi Allah
III. Materi Pokok : Mengasihi Allah
IV. Kegiatan Pembelajaran:
A.Pendahuluan:1. Tanya jawab materi pelajaran yang lalu
2. Memberikan motivasi
B.Kegiatan inti: 1. Penjelasan bagaimana mengasihi Allah dan sesama
2. Cerita Pak Iwan
3. Menggambar hati
C. Penutup : 1. Kesimpulan
V. Sarana dan sumber sarana:
A.Sarana: 1. Buku, Menjadi Murid Kristus, Kanisius, Pel.13.
2. Gambar
B.Sumber Sarana: 1. Kitab Suci
2. Seratus Cerita Alkitab, Kanisius
3. Allah Memanggil Kita, PAK SD kurikulum’ 84
VI. Penilaian: 1. Tes Lisan
2. Tes Tulis
Mengetahui, Surabaya, 4 Juni 2007
Kepala Sekolah Guru Mata Pel
Drs. Vincentius HS Fidelis Gele
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Agama Katolik
Tema : Tempat Umum
Kelas/Semester : I/Genap
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Pertemuan : 14
I. Kompetensi dasar : Mewujudkan rasa sykur, hormat dan kasihnya kepada Allah dan
sesama
II.Indikator : 1. Siswa menyebutkan contoh perbuatan mengasihi orang lain
2. Siswa menceritakan kisah Orang Samaria yang baik hati
3. Siswa menyebutkan contoh perbuatan mengasihi Allah melalui
sesama
III. Materi Pokok : Mengasihi dan menghormati Sesama
IV. Kegiatan Pembelajaran:
A.Pendahuluan:1. Tanya jawab materi pelajaran yang lalu
2. Memberikan motivasi
B.Kegiatan inti: 1. Cerita: Nona Klara
2. Tanya Jawab
3. Cerita orang Samaria yang baik hati, Luk10:25 – 37
4. Tanya jawab
C. Penutup : 1. Kesimpulan
2. Penugasan
V. Sarana dan sumber sarana:
A.Sarana: 1. Buku, Menjadi Murid Kristus, Kanisius, Pel.15.
2. Kitab Suci
3. Gambar
B.Sumber Sarana: 1. Kitab Suci
2. Seratus Cerita Alkitab, Kanisius
3. Allah Memanggil Kita, PAK SD kurikulum’ 84
VI. Penilaian: 1. Tes Lisan
2. Tes Tulis
Mengetahui, Surabaya, 4 Juni 2007
Kepala Sekolah Guru Mata Pel
Drs. Vincentius HS Fidelis Gele
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Agama Katolik
Tema : Kegiatan sehari-hari
Kelas/Semester : I/Genap
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Pertemuan : 15
I. Kompetensi dasar : Mengungkapkan syukur, hormat dan kasihnya kepada Allah me-
Lalui doa-doa
II.Indikator : 1. Siswa menjelaskan arti doa
2. Siswa menceritakan kisah Yesus mengajarkan doa Bapa Kami
3. Siswa menghafalkan doa Bapa Kami
III. Materi Pokok : Doa Bapa Kami
IV. Kegiatan Pembelajaran:
A.Pendahuluan:1. Membacakan doa Bapa Kami
2. Memberikan motivasi
B.Kegiatan inti: 1. Menghafalkan doa Bapa Kami
2. Cerita Kitab Suci, Luk 11: 1 – 13
3. Tanya jawab
4. Mendalami arti doa Bapa Kami
C. Penutup : 1. Kesimpulan
2. Mendoakan kembali doa Bapa Kami
V. Sarana dan sumber sarana:
A.Sarana: 1. Buku, Menjadi Murid Kristus, Kanisius, Pel.16.
2. Kitab Suci
B.Sumber Sarana: 1. Kitab Suci
2. Iman Katolik, KWI
3. Allah Memanggil Kita, PAK SD kurikulum’ 84
VI. Penilaian: 1. Tes Lisan
2. Tes Tulis
Mengetahui, Surabaya, 4 Juni 2007
Kepala Sekolah Guru Mata Pel
Drs. Vincentius HS Fidelis Gele
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Agama Katolik
Tema : Kegiatan sehari-hari
Kelas/Semester : I/Genap
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Pertemuan : 16 dan 17
I. Kompetensi dasar : Mengungkapkan syukur, hormat dan kasihnya kepada Allah me-
Lalui doa-doa
II.Indikator : 1. Siswa menceritakan kisah penyembuhan 10 orang kusta
2. Siswa menyanyikan lagu Terimakasih
3. Siswa mendoakan doa Syukur dan doa pujian
III. Materi Pokok : Doa syukur dan pujian
IV. Kegiatan Pembelajaran:
A.Pendahuluan:1. Penekananan kembali materi yang lalu
2. Memberikan motivasi
B.Kegiatan inti: 1. Mendalami cerita Kitab Suci
2. Tanya jawab
3. Mendalami arti doa syukur dan permohonan
C. Penutup : 1. Kesimpulan
2. Menyusun doa syukur
V. Sarana dan sumber sarana:
A.Sarana: 1. Buku, Menjadi Murid Kristus, Kanisius, Pel.17.
2. Kitab Suci
B.Sumber Sarana: 1. Kitab Suci
2. Iman Katolik, KWI
3. Allah Memanggil Kita, PAK SD kurikulum’ 84
VI. Penilaian: 1. Tes Lisan
2. Tes Tulis
Mengetahui, Surabaya, 4 Juni 2007
Kepala Sekolah Guru Mata Pel
Drs. Vincentius HS Fidelis Gele
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Agama Katolik
Tema : Kegiatan sehari-hari
Kelas/Semester : I/Genap
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Pertemuan : 18
I. Kompetensi dasar : Mengungkapkan syukur, hormat dan kasihnya kepada Allah me-
Lalui doa-doa
II.Indikator : 1. Siswa menceritakan pengalaman memohon bantuan
2. Siswa menceritakan kisah Yesus menyembuhkan hamba
perwira
3. Siswa mengucapkan satu doa permohonan
III. Materi Pokok : Doa permohonan
IV. Kegiatan Pembelajaran:
A.Pendahuluan:1. Dialog
2. Memberikan motivasi
B.Kegiatan inti: 1. Mendalami cerita Tura Kambu Lawang
2. Tanya jawab
3. Mendalami cerita Kitab Suci: Luk 7: 1 - 10
C. Penutup : 1. Kesimpulan
2. Menyusun doa permohonan/penugasan
V. Sarana dan sumber sarana:
A.Sarana: 1. Buku, Menjadi Murid Kristus, Kanisius, Pel.19.
2. Kitab Suci
B.Sumber Sarana: 1. Kitab Suci
2. Iman Katolik, KWI
3. Allah Memanggil Kita, PAK SD kurikulum’ 84
VI. Penilaian: 1. Tes Lisan
2. Tes Tulis
Mengetahui, Surabaya, 4 Juni 2007
Kepala Sekolah Guru Mata Pel
Drs. Vincentius HS Fidelis Gele
Komentar
Posting Komentar