Cari Blog Ini

Memuat...

I Love Information...

I Love Information...

Laman

Senin, 31 Mei 2010

RPP KAT SD KLS IV


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Mata Pelajaran : Agama Katolik
Tema :
Kelas/Semester : IV/Ganjil
Standar Kompetensi : Memahami pedoman hdup dari Allah yang disampaikan melalui tokoh-tokoh dalam Kitab Suci dalam upaya mengembangkan relasi dengan sesama, orang tua dan lingkungan di sekitarnya serta berusaha mengembangkan hidup doa mereka.
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit

I. Kompetensi Dasar : Memahami bahwa Allah menciptakan dirinya sebagai makhluk
yang unik, mengenali perasaan-perasaan yang dapat mengganggu
persahabatan, serta lebih memahami dan menerima lingkungan
hidupnya sebagai karunia Allah
II. Indikator :
1. Siswa menyebutkan perbedaan secara fisik dan
dan mental antara dirinya dengan temannya
2. Siswa menyebutkan kemampuan yang dimiliki
dan dapat dikembangkan
3. Siswa menjelaskan bahwa Allah menciptakan
manusia berbeda satu sama lain namun memiliki
derajat yang sama

III. Tujuan Pembelajaran :

1. Melalui sharing siswa dapat menyadari dan menunjukkan kekhasan (keunikan) dirinya yang dapat dikembangkan.
2. Melalui penjelasan siswa dapat mengemukakan alasan mengapa kekhasan harus dikembangkan
3. Melalui penjelasan siswa dapat menyebutkan manfaat kekhasan dirinya dalam kehidupan bersama
4. Melalui penjelasan siswa dapat memahami bahwa Allah menciptakan manusia berbeda satu sama lain tetapi memiliki derajat yang sama
.
IV. Materi pokok : Diriku yang Khas

V. Metode :
1. Sharing
2. Ceramah/penjelasan

VI. Kegiatan pembelajaran :

A. Kegiatan awal :
1. Doa pembuka
2. Guru memberikan motivasi dan menyampaikan tujuan pembelajaran
3. Guru memberikan apersepsi
B. Kegiatan inti :
1. Guru meminta siswa untuk menceritakan kekhasan dirinya baik secara jasmani maupun secara rohani
2. Guru menenruskan dengan bertanya jawab kepada siswa tentang manfaat dari kehasan yang ada pada mereka
3. Guru memberikan penjelasan bahwa setiap manusia diciptakan unik tetapi mempunyai derajat yang sama
4. Guru membuat latihan soal dari buku pegangan siswa

C. Penutup :
1. Guru bersama siswa menyimpulakanmateri yang baru dibahas
2. Penugasan
3. Doa penutup

VII. Sarana dan sumber belajar:

A. Sarana :
1. LCD
2. Gambar
B. Sumber belajar :
1. Buku Siswa, pel.1
2. Gambar pria dan wanita
3. Alkitab

VIII. Penilaian:

1. Tes Tulis

@. Soal :
1. Apa artinya setiap pribadi disebut unik?
2. Apakah anda bisa menerima keunikan dari teman-teman anda? Mengapa?
3. Apa sikap anda pada Tuhan atas keunikan yang anda miliki?
4. Keunikan apa saja yang anda miliki sampai saat ini?




@. Skor :
No. 1 : 3
No. 2 : 3
No. 3 : 3
No. 4 : 3

@. Skor akhir: skor perolehan x 100
Total skor







Mengetahui, Surabaya, Juli 2009
Kepala Sekolah Guru Mata Pel



Drs. Vincentius HS Fidelis Gele
RENCANA PELAKSANAAN .MBELAJARAN(RPP)



Mata Pelajaran : Agama Katolik
Kelas/Semester : IV/Ganjil
Standar Kompetensi : Memahami pedoman hdup dari Allah yang disampaikan tokoh-tokoh dalam Kitab Suci dalam upaya mengembangkan relasi dengan sesama, orang tua dan lingkungan di sekitarnya serta berusaha mengembangkan hidup doa mereka.
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit

I. Kompetensi Dasar : Memahami bahwa Allah menciptakan dirinya sebagai
makhluk Yang unik, mengenali perasaan-perasaan yang dapat
mengganggu persahabatan, serta lebih memahami dan
menerima lingkungan hidupnya sebagai karunia Allah

II. Indikator :
1. Siswa menjelaskan bahwa perasaan iri hati dapat muncul dalam hati setiap orang, namun Allah tidak menghendakinya.
2. Siswa menjelaskan bahwa Allah tidak menghendaki orang saling bertengkar, namun saling menunjukkan kerendahan hati dengan saling melayani untuk menciptakan kedamaian dan kerjasama
3. Siswa menjelaskan bahwa anggota tubuhnya untuk melakukan perbuatan yang baik
III. Tujuan Pembelajaran :
1. Melalui tanya jawab siswa memahami bahwa dirinya dan orang lain saling
membutuhkan.
2. Melalui penjelasan siswa dapat mengenal dan menghayati sikap-sikap yang dapat mempererat hubungan dengan orang lain
3. Melalui penjelasan siswa dapat menyebutkan alasan mengapa dirinya perlu berhubungan dengan orang lain
4. Siswa dapat menyebutkan alasan dari Kitab Suci mengapa
dirinya harus berhubungan dengan orang lain.

IV. Materi pokok : Saya dan Orang lain
V. Metode :
1. Tanya jawab
2. Penjelasan/ceramah

VI. Kegiatan pembelajaran :

A. Kegiatan awal :
1. Doa pembuka
2. Penekanan kembali bahan sebelumnya
3 Motivasi
B.Kegiatan inti :
1. Guru bertanya jawab dengan siswa tenteang hidup bersama orang lain
2. Guru memberikan penjelasan tentang sikap-sikap yang harus ditumbuhkan atau dijauhkan dalam kehidupan bersama orang lain
3. Guru menanyakan kepada siswa mengapa dirinya hidup bersama dengan orang lain
4. Siswa memberikan jawaban atas pertanyaan guru secara lisan
5. Guru memberikan penjelasan lanjutan

C. Penutup :
1. Kesimpulan
2. Penugasan
3. Doa penutup
VII. Sarana dan sumber belajar:

A. Sarana : 1. LCD
B. Sumber belajar : 1. Buku Siswa pel.2
2. Alkitab


VIII. Penilaian:
1. Tes Penugasan

@. Soal :

1. Apakah anda memerluhkan orang lain ? Mengapa?
2. Siapa saja yang anda paling butuhkan dalam hidup anda? Mengapa?
3. Mengapa manusia selalu membutuhkan orang lain?
4. Sikap apa saja yang harus ditumbuhkan agar kita semakin akrab dengan orang lain?
5. Sikap apa saja yang harus dijauhkan dalam pergaulan dengan orang lain?

@ Skor : No 1 = 4
No 2 = 4
No 3 = 4
No 4 = 3
No 5 = 3

@. Total Skor : skor perolehan x 100
Total skor










Mengetahui, Surabaya, Juli 2009 Kepala Sekolah Guru Mata Pel


Drs. Vincentius HS Fidelis Gele

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)



Mata Pelajaran : Agama Katolik
Kelas/Semester : IV/Ganjil
Standar Kompetensi : Memahami pedoman hdup dari Allah yang disampaikan melalui tokoh-tokoh dalam Kitab Suci dalam upaya mengembangkan relasi dengan sesama, orang tua dan lingkungan di sekitarnya serta berusaha mengembangkan hidup doa mereka.
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit


I. Kompetensi Dasar: : Memahami bahwa Allah menciptakan dirinya sebagai makhluk yang unik, mengenali perasaan-perasaan yang dapat mengganggu persahabatan, serta lebih memahami dan menerima lingkungan hidupnya sebagai karunia Allah.
II. Indikator :
1). Siswa menyebutkan macam-macam agama besar di Indonesia
2). Siswa menjelaskan bahwa Yesus menghendaki setiap orang untuk saling menghormati
3). Siswa menyebutkan contoh sikap menghargai teman yang beragama lain
III. Tujuan Pembelajaran :
1. Melalui Tanya jawab siswa dapat menyebutkan agama-agama besar yang ada di Indonesia.
2. Siswa dapat menyebutkan contoh sikap menghargai teman yang beragama lain pada saat berada di lingkungan sekolah
3. Siswa dapat menyebutkan contoh sikap toleransi pada teman yang beragama lain yang sedang melaksanakan kewajiban agamaanya.
IV. Materi pokok : Temanku yang beragama lain
V. Metode :
1. Sharing
2. Tanya jawab
3. Penjelasan
VI. Kegiatan pembelajaran :
A.Kegiatan awal :
1. Doa pembuka
2. Mengulangi hal-hal penting dari pelajaran lalu/apersepsi
3. Guru memberikan motivasi
B.Kegiatan inti :
1. Guru bertanya dengan siswa tentang agama-agama besar di Indonesia dan mata pelajaran agam yang di ajarkan di sekolah
2. Guru meminta siswa membagikan pengalamannya ketika merayakan hari raya agama
3. Guru memberikan penjelasan tentang bagaimana hidup bersama dengan pemeluk agama yang lain baik di sekolah maupun di lingkungan tempat tinggalnya

C. Penutup :
1. Guru dan siswa menyimpulkan bersama materi yang baru dibahas
2. Doa pembuka

VII. Sarana dan sumber belajar:
A. Sarana : 1. Koran dan LCD
B.Sumber belajar : 1. Buku siswa kelas IV, Menjadi Murid
Kristus, Kanisius, Pel 3
2. Alkitab

VIII. Penilaian: 1. Tes penugasan:
@. Soal :
1. Sebutkan agama apa saja yang diajarkan di sekolah anda!
2. Bagaimana sikap anda bila anda berada dekat teman beragama lain yang sedang berdoa?
3. Apa yang seharusnya anda lakukan bila teman anda merayakan hari besar agamanya?
4. Sikap apa saja yang harus ditumbuhkan bila hidup bersama teman yang beragama lain?

@. Total Skor : skor perolehan x 100
Total skor



















Mengetahui, Surabaya, Juli 2009
Kepala Sekolah Guru Mata Pel



Drs. Vincentius HS Fidelis Gele








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)



Mata Pelajaran : Agama Katolik
Tema :
Kelas/Semester : IV/Ganjil
Standar Kompetensi : Memahami pedoman hdup dari Allah yang disampaikan melalui tokoh-tokoh dalam Kitab Suci dalam upaya mengembangkan relasi dengan sesama, orang tua dan lingkungan di sekitarnya serta berusaha mengembangkan hidup doa mereka.
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit

I.Kompetensi Dasar : Memahami bahwa Allah menciptakan dirinya sebagai makhluk yang unik, mengenali perasaan-perasaan yang dapat mengganggu persahabatan, serta lebih memahami dan menerima lingkungan hidupnya sebagai karunia Allah
II. Indikator : 1. Siswa menceritakan tentang lingkungan tempat tingggalnya
2. Siswa menceritakan bahwa Yesus sendiri mencintai
daerah tempat tinggalNya
3. Siswa menyebtukan contoh tindakan mencintai lingkungan tempat tinggalnya
III. Tujuan Pembelajaran : 1). Siswa dapat memahami keberadaan kotanya
2). Siswa menyebutkan keistimewaan kotanya
3). Siswa mengenal keragaman dan keharmonisan hidup masyarakat kotanya.
4). Siswa dapat menjelaskan andil kotanya kepada perkembangan dirinya.
IV. Materi pokok : Kotaku
V. Metode : Sharing dan Tanya Jawab
VI. Kegiatan pembelajaran :
A.Pendahuluan : 1. Pengulangan kembali bahan pelajaran sebelumnya
2. Evaluasi proses belajar
B.Kegiatan inti : 1. Percakapan tentang rumah dan sekolah
2. Menggambar rumah perbagaian dan menjelaskan fungsinya
3. Menyebutkan manfaat rumah dan sekolah
C. Penutup : 1. Kesimpulan
2. Penugasan
VII. Sarana dan sumber belajar:
A. Sarana : a). Gambar Kota
b). LCD

B. Sumber belajar: a). Pengalaman siswa, Buku Pendidikan budi pekerti, Gramedia
b). Alkitab





VIII. Penilaian: 1. Tes lisan
2. Tugas














Mengetahui, Surabaya, Juli 2009
Kepala Sekolah Guru Mata Pel



Drs. Vincentius HS Fidelis Gele


































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)




Mata Pelajaran : Agama Katolik
Tema :
Kelas/Semester : IV/Ganjil
Standar Kompetensi : Memahami pedoman hdup dari Allah yang disampaikan melalui tokoh-tokoh dalam Kitab Suci dalam upaya mengembangkan relasi dengan sesama, orang tua dan lingkungan di sekitarnya serta berusaha mengembangkan hidup doa mereka.
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit


I. Kompetensi dasar : Memahami bahwa Allah setia pada janjiNya dengan memberikan pedoman hidup, mendampingi dan memilih pemimpin umat dalam memasuki tanah perjanjian

II. Indikator : 1. Siswa menyebutkan peraturan di rumah dan di sekolah
2. Siswa menyebutkan sepuluh perintah Allah dan manfaatnya
bagi hubungan antara manusia dengan Tuhan dan sesama
III. Tujuan Pembelajaran : 1). Siswa dapat menyebutkan peraturan-peraturan di lingkungan hidupnya
2). Siswa dapat menjelaskan perlunya peraturan
3). Siswa dapat menceritakan bagimana Allah memberikan Sepuluh PerintahNya kepada Bangsa Israel
4). Siswa dapat menjelaskan janji Allah kepada Israel dan janji Israel kepada Allah.
IV. Materi Pokok : Sepuluh Firman sebagai pedoman hidup
V. Metode : Naratif
VI. Kegiatan Pembelajaran:
A. Pendahuluan:1. Pretest
2. evaluasi
B. Kegiatan inti: 1. Percakapan
2. Mendalami Teks Kitab Suci
3. Menghafal Sepuluh Perintah Allah
4. Bernyanyi
C. Penutup : 1. Kesimpulan
2. Penugasan

VII. Sarana dan sumber sarana:
A. Sarana : 1. Gambar 2 loh batu
2. LCD
B. Sumber Sarana: 1. Kitab Suci, Kej 1:1-24
2. Buku, Menjadi Murid Kristus, Kanisius, Pel.6.

VIII. Penilaian:
1. Tes Tulis:
@. Soal :
1. Melalui siapakah Tuhan memebrikan 10 perintah kepada Israel?
2. Dalam bentuk apakah 10 perintah Allah diberikan kepada Israel?
3. Manakah perintah yang mengatur hubungan manusia dengan Tuhan dan sesame?
4. Apa makna 10 Perintah Allah bagi Bangsa Israel?
5. Perintah ke berapakah yang mengatur tentang merayakanMisa hari Minggu di Gereja?
6. Menghormati orangtua diatur dalam perintah ke berapa?
@. Skor:
No.1-2 : 2
No.3 : 3
No.4 : 3
No. 5 : 2
No. 6 : 2

@. Total Skor : skor perolehan x 100
Total skor





















Mengetahui, Surabaya, Juli 2009
Kepala Sekolah Guru Mata Pel




Drs. Vincentius HS Fidelis Gele










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)




Mata Pelajaran : Agama Katolik
Tema :
Kelas/Semester : IV/Ganjil
Standar Kompetensi : Memahami pedoman hdup dari Allah yang disampaikan melalui tokoh-tokoh dalam Kitab Suci dalam upaya mengembangkan relasi dengan sesama, orang tua dan lingkungan di sekitarnya serta berusaha mengembangkan hidup doa mereka.

Alokasi Waktu : 2 x 35 menit

I. Kompetensi dasar : Memahami bahwa Allah setia pada janjiNya dengan memberikan pedoman hidup, mendampingi dan memilih pemimpin umat dalam memasuki tanah perjanjian

II.Indikator : 1. Siswa menngungkapkan perasaan ketika menerima sesuatu
yang sudah dijanjikan sebelumnya.
2. Siswa menyebutukan pemenuhan janji Allah bagi umatNya
dan peringatan-peringatan yang ditujukan kepada umatNya
3. Siswa dapat menyebutkan pemimpin yang menghantar Israel masuk tanah terjanji.
III. Tujuan Pembelajaran : 1) Siswa dapat menceritakan bagaimana bangsa Israel di bawah pimpinan Yosua memasuki tanah Kanaan.
2) Siswa dapat menjelaskan bahwa Tuhanlah yang sebenarnya menyerahkan tanah Kanaan kepada bangsa Israel
3) Siswa dapat menjelaskan bahwa peristiwa itu sebagai pemenuhan janji Allah
IV. Materi Pokok : Bangsa Israel memasuki tanah terjanji
V. Metode : a) Narasi
b) Tanya jawab
VI. Kegiatan Pembelajaran:
A.Pendahuluan :1. Menjelaskan kembali hal-hal penting dari pelajaran terdahulu
2. Motivasi
B.Kegiatan inti: 1. Percakapan
2. Mendalami cerpen
3. Membaca dan mendalami teks Yos 1-6

C. Penutup : 1. Kesimpulan
2. Penugasan

VII. Sarana dan sumber sarana:
A.Sarana :1. VCD
2. LCD
B.Sumber Sarana: 1. Kitab Suci, Kej 1:26-31
2. Pengalaman hidup sehari-hari
3. Buku Pegangan Siswa
VIII. Penilaian:

1. Tes Lisan
@. Soal: Ceritakan tentang kisah bangsa Israel memasuki tanah Terjanji!
@. Skor penilaian :
1. Keruntutan peristiwa (skor ; 3)
2. Kebenaran isi (skor : 3)
3. Penggunaan bahasa (skor : 3)

@. Total Skor : skor perolehan x 100
Total skor


















Mengetahui, Surabaya, Juli 2009
Kepala Sekolah Guru Mata Pel



Drs. Vincentius HS Fidelis Gele


























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)




Mata Pelajaran : Agama Katolik
Tema :
Kelas/Semester : IV/Ganjil
Standar Kompetensi : Memahami pedoman hdup dari Allah yang disampaikan melalui tokoh-tokoh dalam Kitab Suci dalam upaya mengembangkan relasi dengan sesama, orang tua dan lingkungan di sekitarnya serta berusaha mengembangkan hidup doa mereka.
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit


I. Kompetensi dasar : Memahami bahwa Allah setia pada janjiNya dengan memberikan pedoman hidup, mendampingi dan memilih pemimpin umat dalam memasuki tanah perjanjian

II.Indikator : 1. Siswa menceritakan kisah panggilan dan tugas Samuel
(1 Sam 3: 1 – 4)
2. Siswa menceritakan kisah pengurapan Saul dan tugasnya
sebagai raja (1 Sam 3: 1 – 16)
III. Tujuan Pembelajaran : 1) Siswa dapat menyebutkan peranan pemimpin di lingkungannya
2) Siswa dapat menceritakan panggilan dan tugas Samuel
3) Siswa dapat menceritakan kisah pengurapan Saul dan tugasnya sebagi raja
4) Siswa dapat menjelaskan bahwa Tuhan bisa memilih siapa saja untuk menjadi pelayanNya.
IV. Materi Pokok : Samuel dan Saul
V. Metode : Naratif
VI. Kegiatan Pembelajaran:
A.Pendahuluan : 1. Pretest
2. Melafalkan kembali Sepuluh Perintah allah
B.Kegiatan inti : 1. Membacakan Teks Kitab Suci, 1 Sam 3: 1 -4
2. Tanya Jawab
3. Informasi/penjelasan
C. Penutup : 1. Kesimpulan

VI. Sarana dan sumber sarana:
A.Sarana: 1. LCD.

B.Sumber Sarana: 1. Kitab Suci, 1 Sam 3; 1-4, dan 1 Sam 3;1-16
2. Buku, Menjadi Murid Kristus, Kanisius, Pel.8.

VII. Penilaian:
1. Tes tulis
@. Soal :
1. Siapakah Samuel menurut Kitab Suci?
2. Sebutkan tugas-tugas Samuel dari Tuhan?
3. Apa peranan Samuel terahadap Raja Saul?
4. Siapakah Raja Israel yang pertama?
@. Skor penilaian :
1. (skor ; 3)
2. (skor : 3)
3. (skor : 3)
4. (skor 2)

@. Total Skor : skor perolehan x 100
Total skor



















Mengetahui, Surabaya, Juli 2009
Kepala Sekolah Guru Mata Pel




Drs. Vincentius HS Fidelis Gele























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)




Mata Pelajaran : Agama Katolik
Tema :
Kelas/Semester : IV/Ganjil
Standar Kompetensi : Memahami pedoman hdup dari Allah yang disampaikan melalui tokoh-tokoh dalam Kitab Suci dalam upaya mengembangkan relasi dengan sesama, orang tua dan lingkungan di sekitarnya serta berusaha mengembangkan hidup doa mereka.
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit

I. Kompetensi dasar : Memahami bahwa Allah setia pada janjiNya dengan memberikan pedoman hidup, mendampingi dan memilih pemimpin umat dalam memasuki tanah perjanjian

II. Indikator : 1. Siswa menjelaskan mengapa raja Saul tidak dikehendaki oleh Allah
2. Siswa menceritakan bagaimana Daud diurapi menjadi raja
3. Siswa menceritakan bagaimana Daud mengalahkan Goliat
4. Siswa menceritakan bagaimana Saul dan Yonathan tewas
III. Tujuan Pembelajaran : 1) Siswa dapat menjelaskan mengapa raja Saul tidak dikehendaki Tuhan untuk menjadi raja lagi
2) Siswa dapat menceritakan bagaimana Daud diurapi menjadi raja
3) Siswa menceritakan bagaimana Daud mengalahkan Goliat
4) Siswa menceritakan kembali bagaimana Saul dan Yonthan tewas
5) Siswa menceritakan bagaimana Daud akhirnya menjadi raja seluruh Israel
IV. Materi Pokok : Daud dipilih Allah menjadi raja
V. Metode : Narasi
VI. Kegiatan Pembelajaran:
A.Pendahuluan :1. Doa
2. Apersepsi
B.Kegiatan inti :1. Membacakan cerpen
2. Tanya jawab
3. Pendalaman cerita Kitab Suci, 1 Sam 19-20
4. Penjelasan
C. Penutup : 1. Kesimpulan
2. Penugasan

VII. Sarana dan sumber sarana:
A.Sarana : 1. LCD

B.Sumber : 1. Kitab Suci, 1 Samuel
2. Buku, Menjadi Murid Kristus, Kanisius, Pel.9.
VIII. Penilaian:
1. Tes tulis:
@. Soal :
1. Siapakah raja yang menggantikan raja Saul?
2. Bagiamana arti kepemimpinan menurut Daud?
3. Mengapa Daud dipilih Tuhan menjadi Raja Israel?
4. Apa yang terjadi dengan kehidupan bangsa Israel selama Daud menjadi raja?
@. Skor penilaian :
No. 1 : 2
No. 2 : 3
No. 3 : 3
No. 4 : 3

@. Total Skor : skor perolehan x 100
Total skor















Mengetahui, Surabaya, Juli 2009
Kepala Sekolah Guru Mata Pel




Drs. Vincentius HS Fidelis Gele















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)





Mata Pelajaran : Agama Katolik
Tema :
Kelas/Semester : IV/Genap
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Kompetensi dasar : Memahami bahwa Yesus adalah penyelamat yang dijanjikan
Allah beserta karya-karyaNya
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit


I.Indikator : 1. Siswa mengungkapkan pengalamannya dikunjungi saudara
Dengan membawa berita gembira
2. Siswa menceritakan kisah Maria mengunjungi Elisabeth
3. Siswa menyebutkan kabar gembira yang dibawa oleh Maria
kepada Elisabeth

II. Materi Pokok : Maria mengunjungi Elisabeth
III. Metode :
IV. Kegiatan Pembelajaran:
A.Pendahuluan:1. Doa
2. Pretest
B.Kegiatan inti: 1. Cerita pengalaman
2. Pendalaman cerita Kitab Suci, Luk 1: 39 - 56
3. Tanya jawab
4. Dramatisasi
5. Bernyanyi
C. Penutup : 1. Kesimpulan
2. Doa Salam Maria

V. Sarana dan sumber sarana:
A.Sarana : LCD

B.Sumber : 1. Kitab Suci, Luk 1; 39 - 56
2. 100 cerita Alkitab
3. Buku, Menjadi Murid Kristus, Kanisius, Pel.10.
VI. Penilaian: 1. Tes Lisan
2. Tes Tulis









Mengetahui, Surabaya, Juli 2009
Kepala Sekolah Guru Mata Pel

Drs. Vincentius HS Fidelis Gele

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Mata Pelajaran : Agama Katolik
Tema :
Kelas/Semester : I/Genap
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Pertemuan : 10

I. Kompetensi dasar : Memahami bahwa Yesus adalah penyelamat yang dijanjikan
Allah beserta karya-karyaNya

II.Indikator : 1. Siswa menjelaskan alas an Herodes mau membunuh bayi
Yesus
2. Siswa menjelaskan alasanAllah mengutus malaikat kepada
Yusuf
3. Siswa menyampaikan pesan Allah disampaikan kepada Yusuf
melalui malaikatNya

III. Materi Pokok : Herodes Mau Membunuh Bayi Yesus
IV. Kegiatan Pembelajaran:
A.Pendahuluan:1. Motivasi
2. Tanya jawab pelajaran yang lalu
B.Kegiatan inti: 1. Mendalami cerita pendek
2. Tanya jawab
3. Pendalaman cerita Kitab Suci,, Luk 2 : 1 - 12
3. Tanya jawab
4. Bernyanyi lagu :Dalam nama Yesus
C. Penutup : 1. Kesimpulan
2. Penugasan
V. Sarana dan sumber sarana:
A.Sarana: 1. Buku, Menjadi Murid Kristus, Kanisius, Pel.11.
2. Cerita Kitab Suci
B.Sumber Sarana: 1. Kitab Suci, Luk 2 : 1 - 12
2. Seratus Cerita Alkitab, Kanisius
VI. Penilaian: 1. Tes Lisan
2. Tes Tulis


Mengetahui, Surabaya, 4 Juni 2007
Kepala Sekolah Guru Mata Pel

Drs. Vincentius HS Fidelis Gele

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Mata Pelajaran : Agama Katolik
Tema :
Kelas/Semester : I/Genap
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Pertemuan : 11

I. Kompetensi dasar : Memahami bahwa Yesus adalah penyelamat yang dijanjikan
Allah beserta karya-karyaNya

II.Indikator :1. Siswa menjelaskan arti dan makna Kerajaan Allah dalam
Pewartaan Yesus
2. Siswa menjelaskan mengapa Yesus mewartakan Kerajaan
Allah dengan perumpamaan
3. Siswa menyebutkan contoh-contoh perumpamaan Yesus
tentang Kerajaan Allah

III. Materi Pokok : Yesus mewartakan Kerajaan Allah dengan perumpamaan

IV. Kegiatan Pembelajaran:
A.Pendahuluan:1. Motivasi
2. Pretest
B.Kegiatan inti: 1. Membaca dan mendalami cerpen
2. Membacakan teks Kitab Suci, Mat 18:23 - 35
3. Mengerjakan latihan soal
C. Penutup : 1. Kesimpulan

V. Sarana dan sumber sarana:
A.Sarana: 1. Buku, Menjadi Murid Kristus, Kanisius, Pel.12.
2. Cerita Kitab Suci
B.Sumber Sarana: 1. Kitab Suci, Luk 2:1 - 20
2. Seratus Cerita Alkitab, Kanisius

VI. Penilaian: 1. Tes Lisan
2. Tes Tulis

Mengetahui, Surabaya, 4 Juni 2007
Kepala Sekolah Guru Mata Pel

Drs. Vincentius HS Fidelis Gele




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)



Mata Pelajaran : Agama Katolik
Tema :
Kelas/Semester : I/Genap
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Pertemuan : 12


I. Kompetensi dasar : Memahami bahwa Yesus adalah penyelamat yang dijanjikan
Allah beserta karya-karyaNya

II.Indikator : 1. Siswa menceritakan kembali kisah penyembuhan Bartimeus
2. Siswa menjelaskan maksud Yesus membuat mujizat
3. Siswa menyebutkan contoh mujizat Yesus yang lain
III. Materi Pokok : Mujizat Yesus

IV. Kegiatan Pembelajaran:
A.Pendahuluan:1. Motivasi

B.Kegiatan inti: 1. Cerita pengalaman
2. Membaca puisi
3. Mendalami cerita Kitab Suci, Luk 18: 35 –43
4. Penjelasan
C. Penutup : 1. Kesimpulan

V. Sarana dan sumber sarana:
A.Sarana: 1. Buku, Menjadi Murid Kristus, Kanisius, Pel.13.
2. Gambar
B.Sumber Sarana: 1. Kitab Suci
2. Seratus Cerita Alkitab, Kanisius
3. Allah Memanggil Kita, PAK SD kurikulum’ 84

VI. Penilaian: 1. Tes Lisan
2. Tes Tulis

Mengetahui, Surabaya, 4 Juni 2007
Kepala Sekolah Guru Mata Pel

Drs. Vincentius HS Fidelis Gele
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Mata Pelajaran : Agama Katolik
Tema :
Kelas/Semester : I/Genap
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Pertemuan : 13

I. Kompetensi dasar : Memahami kehendak Allah bagi dirinya dalam bersikap ter-
hadap orang tua, kehidupan diri dan sesama

II.Indikator : 1. Siswa menyebutkan jasa ayah dan ibu terhadap mereka
2. Siswa menyebutkan sikap-sikap yang seharusnya mereka
lakukan terhadap orang tua
3. Siswa menjelaskan kutipan Kitab Suci Ef 6:1-3

III. Materi Pokok : Menghormati Orang tua

IV. Kegiatan Pembelajaran:
A.Pendahuluan:1. Tanya jawab materi pelajaran yang lalu
2. Memberikan motivasi
B.Kegiatan inti: 1. Cerita pengalaman
2. Tanya Jawab
3. Penjelasan

C. Penutup : 1. Kesimpulan
2. Penugasan
V. Sarana dan sumber sarana:
A.Sarana: 1. Buku, Menjadi Murid Kristus, Kanisius, Pel.15.
2. Kitab Suci
3. Gambar/Photo
B.Sumber Sarana: 1. Kitab Suci
2. Seratus Cerita Alkitab, Kanisius
3. Allah Memanggil Kita, PAK SD kurikulum’ 84
VI. Penilaian: 1. Tes Lisan
2. Tes Tulis


Mengetahui, Surabaya, 4 Juni 2007
Kepala Sekolah Guru Mata Pel

Drs. Vincentius HS Fidelis Gele

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Mata Pelajaran : Agama Katolik
Tema :
Kelas/Semester : I/Genap
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Pertemuan : 14

I. Kompetensi dasar : Memahami kehendak Allah bagi dirinya dalam bersikap ter-
hadap orang tua, kehidupan diri dan sesama

II.Indikator : 1. Siswa menyebutkan tindakan-tindakan yang tidak meng-
Hormati kehidupan
2. Siswa menyebutkan sikap-sikap yang menghormati kehi-
dupan
3. Siswa menyebutkan salah satu ayat Kitab Suci tentang
menghormati hidup
III. Materi Pokok : Menghormati hidup

IV. Kegiatan Pembelajaran:
A.Pendahuluan:1. Pengulangan point-point penting pelajaran yang lalu

B.Kegiatan inti: 1. Mendalami cerita pendek
2. Membacakan teks Mat 5: 21 - 24
3. Tanya jawab
C. Penutup : 1. Kesimpulan
V. Sarana dan sumber sarana:

A.Sarana: 1. Buku, Menjadi Murid Kristus, Kanisius, Pel.16.
2. Kitab Suci

B.Sumber Sarana: 1. Kitab Suci
2. Iman Katolik, KWI
3. Allah Memanggil Kita, PAK SD kurikulum’ 84
VI. Penilaian: 1. Tes Lisan

2. Tes Tulis

Mengetahui, Surabaya, 4 Juni 2007
Kepala Sekolah Guru Mata Pel

Drs. Vincentius HS Fidelis Gele


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Mata Pelajaran : Agama Katolik
Tema :
Kelas/Semester : I/Genap
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Pertemuan : 15

I. Kompetensi dasar : Memahami kehendak Allah bagi dirinya dalam bersikap ter-
hadap orang tua, kehidupan diri dan sesama

II.Indikator : 1. Siswa menyebutkan perbuatan-perbuatan yang tidak meng-
hormati milik orang
2. Siswa menyebutkan dan menjelaskan perintah Tuhan yang
ke –7 dan 10
III. Materi Pokok : Menghormati milik orang

IV. Kegiatan Pembelajaran:
A.Pendahuluan:1. Motivasi
2. Pretest
B.Kegiatan inti: 1. Mendalami cerita pendek
2. Tanya jawab
3. Mendalami cerita Kitab Suci
C. Penutup : 1. Kesimpulan
2. Penugasan

V. Sarana dan sumber sarana:
A.Sarana: 1. Buku, Menjadi Murid Kristus, Kanisius, Pel.17.
2. Kitab Suci

B.Sumber Sarana: 1. Kitab Suci
2. Iman Katolik, KWI
3. Allah Memanggil Kita, PAK SD kurikulum’ 84
VI. Penilaian: 1. Tes Lisan
2. Tes Tulis



Mengetahui, Surabaya, 4 Juni 2007
Kepala Sekolah Guru Mata Pel

Drs. Vincentius HS Fidelis Gel
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Mata Pelajaran : Agama Katolik
Tema :
Kelas/Semester : I/Genap
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Pertemuan : 16

I. Kompetensi dasar : Berdoa secara spontan dalam doa bersama

II.Indikator : 1. Siswa menjelaskan arti doa
2. Siswa menjelaskan mengapa kita berdoa
3. Siswa menjelaskan maksud berdoa dari hati
III. Materi Pokok : Doa yang keluar dari hati

IV. Kegiatan Pembelajaran:
A.Pendahuluan:1. Dialog
2. Memberikan motivasi
B.Kegiatan inti: 1. Penjelasan tentang arti doa
2. Mendalami cerita
3. Mendalami cerita Kitab Suci: Mat 6: 5 – 8
4. Bernyanyi
C. Penutup : 1. Kesimpulan
2. Menyusun doa permohonan/penugasan

V. Sarana dan sumber sarana:
A.Sarana: 1. Buku, Menjadi Murid Kristus, Kanisius, Pel.19.
2. Kitab Suci

B.Sumber Sarana: 1. Kitab Suci
2. Iman Katolik, KWI
3. Allah Memanggil Kita, PAK SD kurikulum’ 84
VI. Penilaian: 1. Tes Lisan
2. Tes Tulis



Mengetahui, Surabaya, 4 Juni 2007
Kepala Sekolah Guru Mata Pel

Drs. Vincentius HS Fidelis Gele


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Mata Pelajaran : Agama Katolik
Tema :
Kelas/Semester : I/Genap
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Pertemuan : 17

I. Kompetensi dasar : Berdoa secara spontan dalam doa bersama

II.Indikator : 1. Siswa menjelaskan pengertian doa pribadi dan doa bersama
2. Siswa menjelaskan manfaat dari doa bersama
3. Siswa menyusun doa pribadi

III. Materi Pokok : Doa pribadi dan doa bersama

IV. Kegiatan Pembelajaran:
A.Pendahuluan:1. Dialog
2. Memberikan motivasi
B.Kegiatan inti: 1. Penjelasan tentang arti doa
2. Mendalami cerita
3. Menyusun doa
C. Penutup : 1. Kesimpulan
2. Penugasan

V. Sarana dan sumber sarana:
A.Sarana: 1. Buku, Menjadi Murid Kristus, Kanisius, Pel.19.
2. Kitab Suci

B.Sumber Sarana: 1. Kitab Suci
2. Iman Katolik, KWI
3. Allah Memanggil Kita, PAK SD kurikulum’ 84

VI. Penilaian: 1. Tes Lisan
2. Tes Tulis



Mengetahui, Surabaya, 4 Juni 2007
Kepala Sekolah Guru Mata Pel

Drs. Vincentius HS Fidelis Gele

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Mata Pelajaran : Agama Katolik
Tema :
Kelas/Semester : I/Genap
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
Pertemuan : 18

I. Kompetensi dasar : Berdoa secara spontan dalam doa bersama

II.Indikator : 1. Siswa menyebutkan ujud-ujud doa dalam doa Bapa Kami
2. Siswa menyusun doa permohonan dengan ujud tertentu
3. Siswa menjelaskan bahwa bahwa Tuhan akan selalu
mengabulkan doa seseorang dengan salah satu cara tertentu

III. Materi Pokok : Doa untuk berbagai kepentingan

IV. Kegiatan Pembelajaran:
A.Pendahuluan:1. Dialog
2. Memberikan motivasi
B.Kegiatan inti: 1. Penjelasan tentang jenis-jenis doa
2. Mendoakan dan mendalami doa Bapa Kami
3. Mengerjakan latihan soal
C. Penutup : 1. Kesimpulan
2. Penugasan

V. Sarana dan sumber sarana:
A.Sarana: 1. Buku, Menjadi Murid Kristus, Kanisius, Pel.19.
2. Kitab Suci

B.Sumber Sarana: 1. Kitab Suci
2. Iman Katolik, KWI
3. Allah Memanggil Kita, PAK SD kurikulum’ 84

VI. Penilaian: 1. Tes Lisan
2. Tes Tulis



Mengetahui, Surabaya, 4 Juni 2007
Kepala Sekolah Guru Mata Pel

Drs. Vincentius HS Fidelis Gele

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar