RPP KATOLIK KLS III SD
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Agama Katolik
Tema :
Kelas/Semester : III/Ganjil
Standar Kompetensi : Memahami tokoh Perjanjian Lama, Yesus Kristus, dan Gereja yang turut ambil bagian dalam karya penyelamatan Allah, sehingga terdorong untuk makin mengenal dan terlibat dengan sesama dan lingkungannya.
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
I. Kompetensi Dasar : Menyadari perkembangan dan pertumbuhan dirinya serta mengenal lingkungan yang dikaruniakan Tuhan kepadanya sehingga ia dapat hidup dan berkembang
II. Indikator :
1. Siswa menyebutkan perbedaan-perbedaab keadaan tubuhnya antara ketika sebelum sekolah dan saat ini
2. Siswa menjelaskan bahwa Tuhan memberikan karunia agar manusia dapat berkembang, baik tubuhnya, pikirannya maupun perasaannya
3. Siswa memahami dua aspek perkembangan manusia
III. Tujuan Pembelajaran :
1). Melalui sharing siswa dapat menyebutkan perbedaan-perbedaan keadaan tubuhnya antara ketika sebelum bersekolah dan saat ini.
2). Melalui penjelasan siswa dapat menjelaskan bahwa Tuhan memberikan karunia agar manusia dapat berkembang, baik tubuhnya, pikirannya mamupun perasaannya.
3). Melalui penjelasan siswa dapat memahami aspek perkembangan dirnya yakni aspek jasmani dan rohani.
4). Melalui penjelasan siswa memahami dan mengenal bagamana cara agar dapat berkembang dan bertumbuh.
IV. Materi pokok : Saya tumbuh dan berkembang
V. Metode :
1. Sharing
2. Deskripsi
VI. Kegiatan pembelajaran :
A. Kegiatan awal :
1. Doa pembuka
2. Apersepsi
3. Guru memberikan motivasi dan meyampaikan tujuan pembelajaran
B. Kegiatan inti :
1. Guru mengajak siswa untuk menceritakan keadaan fisik dan sifat(rohani) mereka hingga sekarang ini.
2. Guru memberikan penjelasan tentang karunia yang diberikan Tuhan kepada setiap orang untuk dikembangkan
3. Guru memberikan penjelasan tentang aspek-aspek perkembangan manusia
4. Siswa diajak untuk menemukan cara mengembangkan diri agar menjadi semakin baik
C. Penutup :
1. Kesimpulan
2. Penugasan
3. Doa penutup
VII. Sarana dan sumber belajar:
A. Sarana: 1. Cerita kehidupan
2. Gambar/foto tubuh anak dan bagian-bagiannya
B. Sumber belajar: 1. Pengalaman anak
2. Buku siswa kelas III, pel 1. Menjadi Murid Yesus, Kanisius
3. Allah Memanggil kita, PUSPAS KAE
4. Mengenal Yesus, KOMKAT KWI
VIII. Penilaian:
1. Tes penugasan :
@. Soal : Tulislah perkembangan fisik (jasmani) dan rohani yang anda alami sampai saat ini!
NO ASPEK Rincian
1 Jasmani 1.
2.
3.
4.
5.
2 Rohani 1.
2.
3.
4.
5.
Mengetahui, Surabaya, Juli 2009
Kepala Sekolah Guru Mata Pel
Drs. Vincentius HS Fidelis Gele
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Agama Katolik
Tema :
Kelas/Semester : III/Ganjil
Standar Kompetensi : Memahami tokoh Perjanjian Lama, Yesus Kristus, dan Gereja yang turut ambil bagian dalam karya penyelamatan Allah, sehingga terdorong untuk makin mengenal dan terlibat dengan sesama dan lingkungannya.
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
I. Kompetensi Dasar : Mengenal diri, lingkungannya, keterlibatan di dalamnya dan menyadari bahwa Allah menyertainya
II. Indikator :
1. Siswa menjelaskan bahwa manusia membutuhkan air, api dan udara
2. Siswa menyebutkan upaya-upaya yang dapat dilakukan manusia untuk memelihara dan memanfaatkan air, api dan udara
III. Tujuan Pembelajaran :
1. Melalui tanya jawab siswa menjelaskan bahwa manusia membutuhkan air, api dan udara
2. Melalui penjelasan siswa dapat menjelaskan makna air, api dan udara menurut Kitab Suci
3. Melalui penjelasan siswa dapat menyebutkan cara pemeliharaan air, api dan udara.
IV. Materi pokok : Saya membutuhkan air, api dan udara
V. Metode :
1. Tanya jawab
2. Deskripsi
VI. Kegiatan pembelajaran :
A. Kegiatan awal :
1. Doa pembuka
2. Motivasi
3. Apersepsi
B. Kegiatan inti :
1. Guru bertanya jawab dengan siswa tentang kebutuhan manusia akan air, api dan udara.
2. Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan guru
3. Guru memberikan penjelasan tentang makna air, api dan udara menurut Kitab Suci
4. Guru memberikan penjelasan tentang cara memelihara api, air dan udara
C. Penutup :
1. Guru bersama siswa menyimpulkan bersama materi yang dibahas.
2. Doa penutup
VII. Sarana dan sumber belajar:
A. Sarana:
1. LCD
2. Gambar air, api dan udara
B. Sumber belajar:
1. Pengalaman anak bermain
2. Buku siswa kelas III, pel 2. Menjadi Murid Yesus, Kanisius
3. Bersaudara dengan Alam, Kanisius
4. Allah memanggil, PUSPAS KAE
VIII. Penilaian:
1. Tes tulis
@. Soal :
1). Sebutkan manfaat air, api dan udara
2). Sebutkan masing-masing contoh perbuatan merawat dan memelihara air, api dan udara!
3). Jelaskan makna air, api dan udara menurut arti Kitab Suci!
@. Skor penilaian :
No. 1 : 3
No. 2 : 3
No. 3 : 4
@. Total Skor : skor perolehan x 100
Total skor
Mengetahui, Surabaya, Juli 2009
Kepala Sekolah Guru Mata Pel
Drs. Vincentius HS Fidelis Gele
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Agama Katolik
Tema : Diriku sendiri
Kelas/Semester : III/Ganjil
Standar Kompetensi : Memahami tokoh Perjanjian Lama, Yesus Kristus, dan Gereja yang turut ambil bagian dalam karya penyelamatan Allah, sehingga terdorong untuk makin mengenal dan terlibat dengan sesama dan lingkungannya.
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
I. Kompetensi Dasar : Mengenal diri, lingkungannya, keterlibatan di dalamnya dan menyadari bahwa Allah menyertainya
II. Indikator :
1. Siswa menyebutkan keindahan alam yang ada di sekitarnya
2. Siswa menyebutkan manfaat alam sekitar bagi manusia
3. Siswa menjelaskan bahwa kekayaan dan keindahan alam diciptakan Allah untuk kebahagiaan manusia
III. Tujuan Pembelajaran :
1. Melalui pengamatan siswa menyebutkan keindahan alam ciptaan Tuhan yang mereka kagumi.
2. Melalui penjelasan guru siswa dapat menyebutkan manfaat alam sekitar bagi manusia
3. Melalui penjelasan guru siswa dapat menyebutkan cara-cara pemanfaatan alam.
4. Melalui penjelasan guru siswa dapat menjelaskan bahwa kekayaan dan keindahan alam di ciptakan Allah untuk kebahagian manusia manusia. (Mzm 148 : 1-5)
IV. Materi pokok : Saya dan Alam Sekelilingku
V. Metode :
1. Observasi
2. Deskripsi
VI. Kegiatan pembelajaran :
A. Kegiatan awal :
1. Doa pembuka
2. Motivasi
3. Guru memberikan apersepsi dan menyampaikan tujuan pembelajaran
B. Kegiatan inti :
1. Guru mempersilahkan siswa mengamati lingkungan di luar kelas dan mencatat ciptaan Tuhan apa saja yang paling dikaguminya
2. Siswa membacakan hasil pengamatannya dan menyebutkan alasan mengapa memilih obyek dimaksud.
3. Guru memberikan masukan dan penjelasan tentang manfaat alam sekitar bagi manusia
4. Guru memberikan penjelasan tentang bagaimana memelihara alam sekitar
5. Guru memberikan penjelasan tenttang keindahan alam diciptakan Tuhan untuk kebahagiaan manusia
C. Penutup :
1. Kesimpulan
2. Doa penutup
VII. Sarana dan sumber belajar:
A. Sarana:
1. LCD
2. Gambar Pemandangan alam
B. Sumber belajar:
1. Pengalaman anak bermain
2. Buku siswa kelas III, pel 3. Menjadi Murid Yesus, Kanisius
3. Bersaudara dengan Alam, Kanisius
4. Allah memanggil, PUSPAS KAE
VIII. Penilaian:
1. Tes tulis
Soal :
1. Sebutkan manfaat alam sekitar bagi manusia!
2. Sebutkan 3 contoh sikap anda dalam merawat lingkungan sekolah!
3. Apa tujuan Tuhan menciptakan alam sekitar bagi manusia?
Skor : No.1 = 4
N0 2 = 4
No 3 = 4
Skor akhir :
Skor perolehan x 100
Total skor
Mengetahui, Surabaya, Juli 2009
Kepala Sekolah Guru Mata Pel
Drs. Vincentius HS Fidelis Gele
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Agama Katolik
Tema :
Kelas/Semester : III/Ganjil
Standar Kompetensi : Memahami tokoh Perjanjian Lama, Yesus Kristus, dan Gereja yang turut ambil bagian dalam karya penyelamatan Allah, sehingga terdorong untuk makin mengenal dan terlibat dengan sesama dan lingkungannya.
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
I. Kompetensi Dasar : Mengenal dan memahami Yakub, Yusuf dan Musa yang turut ambil bagian dalam karya keselamatan Allah
II. Indikator :
1. Siswa menyebutkan bahwa saudara sebagai karunia Allah
2. Siswa menyebutkana ke-12 anak Yakob
3. Siswa menyebutkan anak yang paling disayangi oleh Yakub
III. Tujuan Pembelajaran :
1. Melalui mendengarkan cerita siswa dapat mengetahui ke-12 anak yakub
2. Melalui mendengarkan cerita siswa mengetahui anak yang paling disayangi Yakub
3. Melalui penjelasan siswa memahami bahwa saudara adalah kerunia Tuhan
4. Melalui penjelasan siswa menegenal sikap irihati saudara-saudara Yusuf
IV. Materi pokok : Anak-anak Yakub
V. Metode :
1. Deskripsi
2. Narasi
VI. Kegiatan pembelajaran :
A. Kegiatan awal :
1. Doa pembuka
2. Motivasi
3. Apersepsi
B. Kegiatan inti :
1. Guru menceritakan kisah anak-anak Yakub menurut Kej 32 : 1-4; 37: 1-4
2. Guru memberikan beberapa pertanyaan sehubungan dengan cerita Kitab Suci diatas
3. Siswa menjawab pertanyaan guru sambil memperhatikan cerita tertulis dalam buku pegangan mereka
4. Guru memberikan penjelasan tentang anak-anak Yakub dan sikap iri hati yang ada di dalam diri saudara-saudara Yakub
C. Penutup :
1. Guru bersama siswa menyimpulkan bahan yang baru dipelajari
2. Doa penutup
VII. Sarana dan sumber belajar:
A. Sarana: 1. VCD
2. LCD
B. Sumber belajar: 1. Pengalaman anak
2. Buku siswa kelas III, pel 4. Menjadi Murid Yesus, Kanisius
3. Allah memanggil, PUSPAS KAE
VIII. Penilaian:
1. Tes tulis:
@. Soal :
1. Berapakah jumlah anak-anak Yakub?
2. Dari semua anak Yakub siapakah yang paling di sayangi? Mengapa?
3. Apakah pekerjaan anak-anak Yakub?
@. Skor :
No. 1: 2
No. 2: 4
No. 3: 2
@. Total Skor : skor perolehan x 100
Total skor
Mengetahui, Surabaya, Juli 2009
Kepala Sekolah Guru Mata Pel
Drs. Vincentius HS Fidelis Gele
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Agama Katolik
Tema :
Kelas/Semester : III/Ganjil
Standar Kompetensi : Memahami tokoh Perjanjian Lama, Yesus Kristus, dan Gereja yang turut ambil bagian dalam karya penyelamatan Allah, sehingga terdorong untuk makin mengenal dan terlibat dengan sesama dan lingkungannya.
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
I. Kompetensi Dasar : Mengenal dan memahami Yakub, Yusuf dan Musa yang turut ambil bagian dalam karya keselamatan Allah
II. Indikator :
1. Siswa menyebutkan contoh perlakuan tidak adil yang pernah dialaminya.
2. Siswa menjelaskan alasan mengapa Yusuf dibenci saudara-saudaranya
3. Siswa menyebutkan pengalaman Yusuf ketika bertemu dengan saudara-saudaranya di padang rumput
III. TujuanPembelajaran :
1. Melalui sharing siswa menyebutkan contoh perlakuan tidak adil yang pernah dialaminya
2. Melalui mendnegar cerita siswa menjelaskan alasan Yusuf dibenci oleh saudara-saudaranya
3. Melalui mendengar cerita siswa dapat mengungkapkan pengalaman Yusuf ketika bertemu saudara-saudranya di padang gurun.
4. Melalui mendengar cerita siswa dapat menyebutkan tempat Yusuf dibawa oleh saudagar-saudagar setelah dijual
IV. Materi pokok : Yusuf dijual oleh saudara-saudaranya
V. Metode :
1. Narasi
2. Sharing
3. Deskripsi
VI. Kegiatan pembelajaran :
A.Kegiatan Awal :
1. Doa pembuka
2. Motivasi
3. Apersepsi
B.Kegiatan inti :
1. Guru meminta siswa untuk menceritaka pengalamannya ketika ia merasa diperlakukan tidak adil
2. Guru menceritakan kisah Yusuf dijual oleh saudara-saudaranya yang bersumber pada cerita Kitab Suci
3. Siswa mendengar secara saksama sambil memperhatikan cerita yang sama di dalam buku pegangan mereka
4. Siswa diminta menceritakan kembali secara singkat tentang kisah Yusuf dijual oleh saudara-saudaranya
5. Guru memberikan beberapa pertanyaan lisan untuk dijaawab langsung oleh siswa
6. Guru memberikan penjelasan sesuai dengan jawaban dan sharing siswa
C. Penutup :
1. Guru dan siswa menyimpulkan bersama beberapa hal penting dari pokok bahasan hari ini.
2. Doa penutup
VII. Sarana dan sumber belajar:
A. Sarana: 1. LCD
2. Cerita Alkitabiah
B. Sumber belajar: 1. Pengalaman anak
2. Buku siswa kelas III, pel 5. Menjadi Murid Yesus, Kanisius
3. Allah memanggil, PUSPAS KAE
VIII. Penilaian:
1. Tes tulis :
@. Soal :
1. Mengapa Yusuf dijual oleh saudara-saudaranya?
2. Kemanakah Yusuf dijual?
3. Apa yang dibuat saudara-saudara Yusuf kepada Yakub setelah mereka menjual Yusuf?
4. Apa yang terjadi kalau kita memiliki sifat iri hati?
5. Bagaimana sikap anda terhadap teman yang mempunyai kelebihan secara akademis dan non akademis?
@. Skor penilaian :
No.1 : 3
No. 2 : 2
No.3 : 2
No. 4 : 3
No. 5 : 3
@. Total Skor : skor perolehan x 100
Total skor
Mengetahui, Surabaya, Juli 2009
Kepala Sekolah Guru Mata Pel
Drs. Vincentius HS Fidelis Gele
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Agama Katolik
Tema :
Kelas/Semester : III/Ganjil
Standar Kompetensi : Memahami tokoh Perjanjian Lama, Yesus Kristus, dan Gereja yang turut ambil bagian dalam karya penyelamatan Allah, sehingga terdorong untuk makin mengenal dan terlibat dengan sesama dan lingkungannya.
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
I. Kompetensi Dasar : Mengenal dan memahami Yakub, Yusuf dan Musa yang turut ambil bagian dalam karya keselamatan Allah
II. Indikator :
1. Siswa dapat menyebutkan pekerjaan Yusuf ketika tiba di Mesir
2. Siswa dapat menyebutkan mimpi firaun yang diartikan Yusuf
3. Siswa dapat menjelaskan arti dari mimpi Firaun seperti yang diartikan Yusuf
III. Tujuan Pembelajaran :
1. Melalui mendengar cerita siswa dapat menyebutkan pekerjaan Yusuf ketika tiba di Mesir
2. Melalui mendnegar cerita siswa dapat menyebutkan mimpi firaun yang diartikan Yusuf
3. Melalui mendengarkan cerita siswa dapat menjelaskan arti dari mimpi Firaun seperti yang diartikan Yusuf
4. Melalui penjelasan siswa memahami bahwa Allah selalu mengasihi dan berada pada pihak yang berlaku jujur dan selalu mengadalkan Tuhan sendiri.
IV. Materi pokok : Yusuf menjadi penguasa di Mesir
V. Metode :
1. Narasi
2. Deskripsi
3. Tanya jawab
VI. Kegiatan pembelajaran :
A. Kegiatan awal :
1. Doa pembuka
2. Aperssepsi
3. Guru memberikan motivasi
B. Kegiatan inti :
1. Guru menceritaka kisah Yusuf yang menjadi penguasa di Mesir yang bersumber pada teks Kej 37:12-36
2. Siswa menyimak cerita tersebut sambil memperhatikan di dalam buku pegangan masing-masing
3. Guru mempersilahkan siswa untuk menceritakan secara ringkas kisah Yusuf menjadi penguasa di Mesir
4. Guru memberikan beberapa pertanya untuk langsung dijawab oleh siswa
4. Guru memberikan penjelasan
C. Penutup :
1. Kesimpulan
2. Doa penutup
VII. Sarana dan sumber belajar:
A. Sarana: 1. LCD
2. Cerita Alkitabiah
B. Sumber belajar: 1. Buku siswa kelas III, pel 3. Menjadi Murid Yesus, Kanisius
2. Allah memanggil, PUSPAS KAE
VIII. Penilaian:
1. Tes tulis
@. Soal :
1). Apakah yang dikerjakan Yusuf selama berada di Mesir?
2). Mengapa Yusuf dimasukkan ke dalam penjara?
3). Peristiwa apakah yang membuat Yusuf keluar dari penjara?
4). Sebutkan mimpi Firaun yang ditafsir Yusuf dan bagaimana artinya!
5). Mengapa Yusuf bisa menjadi seorang penguasa di Mesir?
@. Skor penilaaian:
No. 1 : 2
No. 2 : 3
No. 3 : 3
No. 4 : 4
No. 5 : 3
@. Total Skor : skor perolehan x 100
Total skor
Mengetahui, Surabaya, Juli 2009
Kepala Sekolah Guru Mata Pel
Drs. Vincentius HS Fidelis Gele
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Agama Katolik
Tema :
Kelas/Semester : III/Ganjil
Standar Kompetensi : Memahami tokoh Perjanjian Lama, Yesus Kristus, dan Gereja yang turut ambil bagian dalam karya penyelamatan Allah, sehingga terdorong untuk makin mengenal dan terlibat dengan sesama dan lingkungannya.
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
I. Kompetensi Dasar : Mengenal dan memahami Yakub, Yusuf dan Musa yang
turut ambil bagian dalam karya keselamatan Allah
II. Indikator :
1. Siswa menjelaskan mengapa bangsa Israel disiksa di Mesir
2. Siswa menyebutkan tanda-tanda penyertaan Allah dalam pembebasan bangsa Israel
3. Siswa menyebutkan tokoh pembebas bangsa israel
4. Siswa menyebutkan tulah yang menimpa bangsa Mesir
III. Tujuan Pembelajaran :
1. Melalui menyimak cerita siswa memahami mengapa Isarel disiksa oleh bangsa Mesir
2. Melalui menyimak cerita siswa menyebutkan tulah yang menimpa bangsa Mesir
3. Siswa dapat menyebutkan tanda-tanda penyertaan Allah kepada bangsa Israel melalui tokoh-tokoh yang dipilihNya
4. Melalui penjelasan siswa memahami Israel adalah bangsa yang dipilih Tuhan dan Ia akan selalu menyertainya.
5. Melalui menyimak cerita siswa dapat menceritakan kembalii peristiwa Israel menyebrangi laut Merah
IV. Materi pokok : Musa membebaskan Israel dari perbudakan Mesir
V. Metode :
1. Narasi
2. Deskripsi
3. Tanya jawab
VI. Kegiatan pembelajaran :
A.Kegiatan awal :
1. Doa pembuka
2. Motivasi
3. Guru memberikan apersepsi
B.Kegiatan inti :
1. Guru menyajikan kepada siswa cuplikan Video pembebasan Israel dari Mesir
2. Siswa menyimak cerita yang disajikan
3. Guru memberikan beberapa pertanyaan dari cerita yang disajikan dan siswa menjawabnya secara langsung
4. Guru meminta siswa menceritakan kembali kisah Israel menyebrangi laut Merah
5. Guru memberikan penjelasan dan informasi tambahan
C. Penutup :
1. Guru bersama siswa menyimpulkan bersama materi yang telah didalami
2. Doa penutup
VII. Sarana dan sumber belajar:
A. Sarana:
1. VCD
2. Cerita Alkitab
B. Sumber belajar:
1. Pengalaman anak bermain
2. Buku siswa kelas III, pel 7. Menjadi Murid Yesus, Kanisius
3. Allah Bapa Penyayang, PUSPAS KAE
4. Allah memanggil, PUSPAS KAE
VIII. Penilaian:
1. Tes tulis :
@. Soal :
1. Mengapa saudara-saudara Yusuf pergi ke Mesir? (skor : 3)
2. Apakah sikap Yusuf terhadap saudara-saudaranya? (skor: 3)
3. Mengapa Bangsa Mesir menindas bangsa Isarel? (skor : 3)
4. Siapakah yang dipilih Tuhan untuk membebaskan Isarel dari Mesir?
(skor : 2)
5. Apakah yang dibuat bangsa Isarel sebelum keluar dari Mesir?
(skor : 3)
6. Mengapa anak sulung Israel tidak dibunuh oleh malaikat maut?
(skor : 3)
@. Total Skor : skor perolehan x 100
Total skor
2. Tes Lisan :
@. Soal: Ceritakan tentang kisah pembebasan Israel dari Mesir!
@. Aspek penilaian:
1. Keruntutan peristiwa (3)
2. Ketepatan cerita (3)
3. Pemakaian bahasa (3)
@. Total Skor : skor perolehan x 100
Total skor
Mengetahui, Surabaya, Juli 2009
Kepala Sekolah Guru Mata Pel
Drs. Vincentius HS Fidelis Gele
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Agama Katolik
Tema :
Kelas/Semester : III/Ganjil
Standar Kompetensi : Memahami tokoh Perjanjian Lama, Yesus Kristus, dan Gereja yang turut ambil bagian dalam karya penyelamatan Allah, sehingga terdorong untuk makin mengenal dan terlibat dengan sesama dan lingkungannya.
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
I. Kompetensi Dasar : Mengenal dan memahami Yakub, Yusuf dan Musa yang turut ambil bagian dalam karya keselamatan Allah
II. Indikator :
1. Melaui sharing siswa mengungkapkan pengalaman dalam memberi bantuan kepada orang lain yang membutuhkan
2. Dengan menyimak cerita siswa bentuk penyertaan Allah kepada Israel selama mereka berada di padang gurun
3. Melalui penjelasan siswa memahami alasan mengapa Allah menyuruh bangsa Israel untuk mengambil manna yang diberikannya cukup untuk satu hari saja
III. Tujuan Pembelajaran :
1. Melalui sahring siswa mengungkapkan pengalamannya memberikan bantuan kepada orang lain yang membutuhkan.
2. Melalui menyimak cerita Kitab Suci siswa menyebutkan bentuk penyertaan Allah kepada bangsa Israel selama mereka berada di padang gurun
3. Melalui menyimak cerita siswa dapat mengetaui bahwa Tuhan memberikan makanan kepada bangsa Israel di padang gurun dalam bentuk manna dan burung puyuh
4. Melalui penjelasan siswa dapat memahami mengapa Tuhan menyuruh bangsa Israel mengambil makanan yang diberikanNya cukup untuk satu hari saja
IV. Materi pokok : Allah menurunkan manna di padang gurun
V. Metode :
1. Deskripsi
2. Narasi
3. Tanya jawab
VI. Kegiatan pembelajaran :
A. Kegiatan awal :
1. Doa pembuka
2. Guru memberikan motivasi
3. Guru memberikan apersepsi dan menyampaikan tujuan pembelajaran
B. Kegiatan inti :
1. Guru meminta siswa untuk menceritakan pengalamannya membantu orang lain yang membutuhkan
2. Guru menceritakan kisah Allah memberikan makanan kepada bangsa Israel di padang gurun
3. Guru bertanya jawab dengan siswa tentang cerita di atas
4. Guru memberikan penjelasan
C. Penutup :
1. Guru bersama siswa menyimpulkan bersama hal-hal penting dari materi yang telah dibahas
2. Doa penutup
VII. Sarana dan sumber belajar:
A. Sarana:
1. VCD
2. LCD
B. Sumber belajar:
1. Pengalaman anak
2. Buku siswa kelas III, pel 8. Menjadi Murid Yesus, Kanisius
3. Allah Bapa Penyayang, PUSPAS KAE
4. Allah memanggil, PUSPAS KAE
VIII. Penilaian:
1. Tes tulis:
@. Soal :
1. Apakah makanan yang diberikan Tuhan selama berada di padang gurun!
2. Apa yang diperintahkan Tuhan atas makanan yang Ia berikan?
3. Setiap hari kita memberikan kita rejeki dalam bentuk yang berbeda-beda. Sebutkan 3 rejeki Tuhan yang anda alami hari ini!
4. Berapa lamakah bangsa Israel mengembara di padang gurun?
5. Apakah sikap kita terhadap setiap rejeki yang kita terima dari Tuhan?
@. Skor penilaian :
No. 1 : 2
No. 2 : 3
No. 3 : 3
No. 4 : 2
No. 5 : 3
@. Total Skor : skor perolehan x 100
Total skor
Mengetahui, Surabaya, Juli 2009
Kepala Sekolah Guru Mata Pel
Drs. Vincentius HS Fidelis Gele
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Agama Katolik
Tema :
Kelas/Semester : III/Ganjil
Standar Kompetensi : Memahami tokoh Perjanjian Lama, Yesus Kristus, dan Gereja yang turut ambil bagian dalam karya penyelamatan Allah, sehingga terdorong untuk makin mengenal dan terlibat dengan sesama dan lingkungannya.
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
I. Kompetensi Dasar : Mengenal Yohanes Pembaptis dan memahami karya-karyaYesus sehubungan dengan Sakramen Baptis, Ekaristi dan Tobat
II. Indikator :
1. Siswa menyebutkan orangtua dari Yohanes
2. Siswa menyebutkan kabar kelahiran Yohanes dari Malaikat Gabriel
3. Siswa menjelaskan peranan Yohanes Pembaptis sebagai
bentara Kristus
III. Tujuan Pembelajaran :
1. Melalui cerita Kitab Suci siswa memahami kabar kelahiran Yohanes Pembaptis
2. Melalui penjelasan siswa memahami posisi Yohanes Pembaptis di hadapan Yesus.
3. Melalui penjelasan siswa memahami tentang tugas Yohanes dalam mepersiapkan kedatangan Yesus.
4. Melalui penjelasan siswa memahami tentang isi pewartaan yang disampaikan Yohanes Pembaptis.
IV. Materi pokok : Yohanes Pembaptis
V. Metode :
1. Deskripsi
2. Narasi
VI. Kegiatan pembelajaran :
A. Kegiatan awal :
1. Doa pembuka
2. Guru memberikan motivasi motivasi
3. Guru memberikan apersepsi
B. Kegiatan inti :
1. Guru mengajak siswa membaca dan mendalami Kitab Suci: Luk 1:5-24;57-66
2. Guru memberikan beberapa pertanyaan untuk langsung dijawab oleh siswa sebagai pendalaman terhadap bacaan di atas
3. Guru memberikan penjelasan lanjutan dari hal-hal penting seputar tokoh Yohanes Pembaptis.
4. Guru memberikan penjelasan tentang tugas Yohanes pembaptis dan posisinya di hadapan Yesus
C. Penutup :
1. Guru bersama siswa meyimpulkan bersama materi tentang Yohanes Pembaptis
2. Doa penutup
VII. Sarana dan sumber belajar:
A. Sarana:
1. LCD
2. Gambar Yesus dibaptis
B. Sumber belajar:
1. Buku siswa kelas III, pel 9. Menjadi Murid Yesus, Kanisius
2. Allah Bapa Penyayang, PUSPAS KAE
3. Allah memanggil, PUSPAS KAE
VIII. Penilaian:
1. Tes tulis :
@. Soal :
1). Siapakah orangtua Yohanes Pembaptis?
2). Apa peranan Yohanes dalam kedatang Yesus?
3). Apa yang diserukan Yohanes di padang gurun?
4). Mengapa Yohanes disebut Yohanes Pembaptis?
5). Perbuatan besar apakah yang pernah dilakukan Yohanes Pembaptis kepada Yesus?
@. Skor penilaian :
No. 1 : 2
No. 2 : 3
No. 3 : 3
No. 4 : 3
No. 5 : 3
@. Total Skor : skor perolehan x 100
Total skor
Mengetahui, Surabaya, Juli 2009
Kepala Sekolah Guru Mata Pel
Drs. Vincentius HS Fidelis Gele
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Agama Katolik
Tema :
Kelas/Semester : III/Ganjil
Standar Kompetensi : Memahami tokoh Perjanjian Lama, Yesus Kristus, dan Gereja yang turut ambil bagian dalam karya penyelamatan Allah, sehingga terdorong untuk makin mengenal dan terlibat dengan sesama dan lingkungannya.
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
I. Kompetensi Dasar : Mengenal Yohanes Pembaptis dan memahami karya-karya
Yesus sehubungan dengan Sakramen Baptis, Ekaristi dan Tobat
II. Indikator :
1. Siswa menjelaskan mengapa Yesus memberi makan kepada banyak orang
2. Siswa menyebutkan jumlah roti dan ikan yang diperbanyak oleh Yesus
3. Siswa menjelaskan mengapa Yesus bisa memperbanyak roti
III. Tujuan Pembelajaran :
1. Melalui membaca dan mendengarkan bacaan Kitab Suci siswa dapat menyebutkan jumlah roti dan ikan yang diperbanyak Yesus.
2. Melalui mendengarkan penjelasan siswa memahami mengapa Yesus mau memberi makan kepada orang banyak.
3. Melalui Tanya jawab siswa memahami mengapa Yesus bisa memperbanyak roti dan ikan.
4. Melalui tanya-jawab siswa dapat menyebutkan jumlah sisa roti yang dimakan orang banyak
5. Melalui penjelasan siswa dapat menjelaskan arti mujizat
IV. Materi pokok : Yesus memperbanyak roti
V. Metode :
1. Deskripsi
2. Tanya jawab
VI. Kegiatan pembelajaran :
A. Kegiatan awal :
1. Doa pembuka
2. Guru memberikan motivasi
3. Guru memberikan apersepsi dan menyampaikan tujuan pembelajaran
B. Kegiatan inti :
1. Guru mengajak siswa membaca dan mendengarkan cerita Kitab Suci tentang Yesus memperbanyak roti
2. Guru bertanya jawab dengan siswa tentang peristiwa Yesus memperbanyak roti
3. Guru memberikan penjelasan tentang mengapa Yesus mau memberi makan kepada orang banyak
4. Guru menegaskan tentang keprihatinan Yesus, mujizat Yesus, dan iman kepada Tuhan.
C. Penutup :
1. Guru bersama siswa menyimpulkan materi yang baru didalami
2. Guru memberikan tugas kepada siswa dari buku pegangan
3. Doa penutup
VII. Sarana dan sumber belajar:
A. Sarana:
1. LCD
B. Sumber belajar:
1. Cerita Alkitab
2. Buku siswa kelas III, pel 10. Menjadi Murid Yesus,Kanisius
3. Allah Bapa Penyayang, PUSPAS KAE
4. Allah memanggil, PUSPAS KAE
VIII. Penilaian:
1. Tes tulis :
@. Soal :
1). Berapakah jumlah roti dan dan ikan sebelum diperbanyak oleh Yesus?
2). Berapakah jumlah orang yang diberi makan oleh Yesus?
3). Berapakah sisa roti yang dimakan?
4). Apakah Yesus selalu mengasihi orang yang menjadi pengikutNya?
5). Mengapa Yesus bisa memperbanyak roti?
@. Skor penilaian :
No.1: 2
No.2: 2
No.3 : 2
No. 4 : 3
No. 5 : 3
@. Total Skor : skor perolehan x 100
Total skor
Mengetahui, Surabaya, Juli 2009
Kepala Sekolah Guru Mata Pel
Drs. Vincentius HS Fidelis Gele
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Agama Katolik
Tema :
Kelas/Semester : III/Ganjil
Standar Kompetensi : Memahami tokoh Perjanjian Lama, Yesus Kristus, dan Gereja yang turut ambil bagian dalam karya penyelamatan Allah, sehingga terdorong untuk makin mengenal dan terlibat dengan sesama dan lingkungannya.
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
I. Kompetensi Dasar : Mengenal Yohanes Pembaptis dan memahami karya-karya
Yesus sehubungan dengan Sakramen Baptis, Ekaristi dan Tobat
II. Indikator :
1. Siswa menjelaskan arti perjamuan malam terakhir
2. Siswa menyebutkan saat mana Yesus mengadakan perjamuan malam terakir dengan para muridNya
3. Siswa mengungkapkan kembali pesan Yesus kepada para muridNya dalam perjamuan malam terakhir
4. Siswa menyebutkan pada saat manakah Gereja mengenangkan persitiwa perjamuan malam terakhir
III. Tujuan Pembelajaran :
1. Melalui membaca dan menyimak cerita Kitab Suci siswa mengetahui saat mana Yesus mengadakan perjamuan malam terakhir bersama para muridNya.
2. Melalui penjelasan siswa dapat memahami arti perjamuan malam terakhir.
3. Melalui tanya jawab siswa dapat menyebutkan pesan terakhir Yesus kepada para muridNya.
4. Melalui penjelasan siswa mengetahui bagaimana perjamuan malam terakhir dikenangkan oleh Gereja
IV. Materi pokok : Perjamuan Malam Terakhir
V. Metode :
1. Deskripsi
2. Tanya jawab
VI. Kegiatan pembelajaran :
A. Kegiatan awal :
1. Doa pembuka
2. Guru memberikan motivasi motivasi
3. Guru memberikan apersepsi
B. Kegiatan inti :
1. Guru membeacakan perikop Kitab Suci tentang perjamuan malam terakhir
2. Guru bertanya kepada siswa tentang hal-hal penting dari bacaan Kitab Suci di atas
3. Siswa menjawab pertanyan guru secara lisan
4. Guru memberikan penjelasan tentang arti perjamuan malam terakhir
5. Guru memberikan penjelasan tentang pesan Yesus kepada para murid
6. Guru memberikan penjelasan tentang bagaimana Gereja mengenangkan peristiwa perjamuan malam terakhir
C. Penutup :
1. Guru bersama siswa menyimpulkan materi yang dibahas
2. Penugasan
3. Doa penutup
VII. Sarana dan sumber belajar:
A. Sarana: 1. LCD
B. Sumber belajar: 1. Cerita Alkitab
2. Buku siswa kelas III, pel 10. Menjadi Murid Yesus,Kanisius
3. Allah Bapa Penyayang, PUSPAS KAE
4. Allah memanggil, PUSPAS KAE
VIII. Penilaian:
1. Tes tulis :
@. Soal :
1). Apa arti malam perjamuan malam terakhir bagi Yesus dan para muridNya?
2). Apa yang dilakukan Yesus pada Malam Perjamuan Terakhir?
3). Apa pesan Yesus kepada para murid dan kita semua?
4). Siapakah murid yang mengkhianati Yesus?
5). Apa yang terjadi pada Yesus setelah merayakan malam perjamuan terakhir?
6). Apa tindakan pelayanan Yesus pada malam perjamuan terakhir?
@. Skor penilaian :
No. 1: 3
No. 2 : 3
No. 3 : 3
No. 4. 2
No.5 : 3
No.6 : 3
@. Total Skor : skor perolehan x 100
Total skor
2. Tes penugasan:
@. Soal : merayakan misa setiap hari minggu, mencatat bacaan dan korbah Romo serta mendapatkan tanda tangan Romo.
Tabel :
No Hari/Tanggal Bacaan Ringkasan Kotbah Tanda tangan Romo
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
Mengetahui, Surabaya, Juli 2009
Kepala Sekolah Guru Mata Pel
Drs. Vincentius HS Fidelis Gele
Mata Pelajaran : Agama Katolik
Tema :
Kelas/Semester : III/Ganjil
Standar Kompetensi : Memahami tokoh Perjanjian Lama, Yesus Kristus, dan Gereja yang turut ambil bagian dalam karya penyelamatan Allah, sehingga terdorong untuk makin mengenal dan terlibat dengan sesama dan lingkungannya.
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
I. Kompetensi Dasar : Menyadari perkembangan dan pertumbuhan dirinya serta mengenal lingkungan yang dikaruniakan Tuhan kepadanya sehingga ia dapat hidup dan berkembang
II. Indikator :
1. Siswa menyebutkan perbedaan-perbedaab keadaan tubuhnya antara ketika sebelum sekolah dan saat ini
2. Siswa menjelaskan bahwa Tuhan memberikan karunia agar manusia dapat berkembang, baik tubuhnya, pikirannya maupun perasaannya
3. Siswa memahami dua aspek perkembangan manusia
III. Tujuan Pembelajaran :
1). Melalui sharing siswa dapat menyebutkan perbedaan-perbedaan keadaan tubuhnya antara ketika sebelum bersekolah dan saat ini.
2). Melalui penjelasan siswa dapat menjelaskan bahwa Tuhan memberikan karunia agar manusia dapat berkembang, baik tubuhnya, pikirannya mamupun perasaannya.
3). Melalui penjelasan siswa dapat memahami aspek perkembangan dirnya yakni aspek jasmani dan rohani.
4). Melalui penjelasan siswa memahami dan mengenal bagamana cara agar dapat berkembang dan bertumbuh.
IV. Materi pokok : Saya tumbuh dan berkembang
V. Metode :
1. Sharing
2. Deskripsi
VI. Kegiatan pembelajaran :
A. Kegiatan awal :
1. Doa pembuka
2. Apersepsi
3. Guru memberikan motivasi dan meyampaikan tujuan pembelajaran
B. Kegiatan inti :
1. Guru mengajak siswa untuk menceritakan keadaan fisik dan sifat(rohani) mereka hingga sekarang ini.
2. Guru memberikan penjelasan tentang karunia yang diberikan Tuhan kepada setiap orang untuk dikembangkan
3. Guru memberikan penjelasan tentang aspek-aspek perkembangan manusia
4. Siswa diajak untuk menemukan cara mengembangkan diri agar menjadi semakin baik
C. Penutup :
1. Kesimpulan
2. Penugasan
3. Doa penutup
VII. Sarana dan sumber belajar:
A. Sarana: 1. Cerita kehidupan
2. Gambar/foto tubuh anak dan bagian-bagiannya
B. Sumber belajar: 1. Pengalaman anak
2. Buku siswa kelas III, pel 1. Menjadi Murid Yesus, Kanisius
3. Allah Memanggil kita, PUSPAS KAE
4. Mengenal Yesus, KOMKAT KWI
VIII. Penilaian:
1. Tes penugasan :
@. Soal : Tulislah perkembangan fisik (jasmani) dan rohani yang anda alami sampai saat ini!
NO ASPEK Rincian
1 Jasmani 1.
2.
3.
4.
5.
2 Rohani 1.
2.
3.
4.
5.
Mengetahui, Surabaya, Juli 2009
Kepala Sekolah Guru Mata Pel
Drs. Vincentius HS Fidelis Gele
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Agama Katolik
Tema :
Kelas/Semester : III/Ganjil
Standar Kompetensi : Memahami tokoh Perjanjian Lama, Yesus Kristus, dan Gereja yang turut ambil bagian dalam karya penyelamatan Allah, sehingga terdorong untuk makin mengenal dan terlibat dengan sesama dan lingkungannya.
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
I. Kompetensi Dasar : Mengenal diri, lingkungannya, keterlibatan di dalamnya dan menyadari bahwa Allah menyertainya
II. Indikator :
1. Siswa menjelaskan bahwa manusia membutuhkan air, api dan udara
2. Siswa menyebutkan upaya-upaya yang dapat dilakukan manusia untuk memelihara dan memanfaatkan air, api dan udara
III. Tujuan Pembelajaran :
1. Melalui tanya jawab siswa menjelaskan bahwa manusia membutuhkan air, api dan udara
2. Melalui penjelasan siswa dapat menjelaskan makna air, api dan udara menurut Kitab Suci
3. Melalui penjelasan siswa dapat menyebutkan cara pemeliharaan air, api dan udara.
IV. Materi pokok : Saya membutuhkan air, api dan udara
V. Metode :
1. Tanya jawab
2. Deskripsi
VI. Kegiatan pembelajaran :
A. Kegiatan awal :
1. Doa pembuka
2. Motivasi
3. Apersepsi
B. Kegiatan inti :
1. Guru bertanya jawab dengan siswa tentang kebutuhan manusia akan air, api dan udara.
2. Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan guru
3. Guru memberikan penjelasan tentang makna air, api dan udara menurut Kitab Suci
4. Guru memberikan penjelasan tentang cara memelihara api, air dan udara
C. Penutup :
1. Guru bersama siswa menyimpulkan bersama materi yang dibahas.
2. Doa penutup
VII. Sarana dan sumber belajar:
A. Sarana:
1. LCD
2. Gambar air, api dan udara
B. Sumber belajar:
1. Pengalaman anak bermain
2. Buku siswa kelas III, pel 2. Menjadi Murid Yesus, Kanisius
3. Bersaudara dengan Alam, Kanisius
4. Allah memanggil, PUSPAS KAE
VIII. Penilaian:
1. Tes tulis
@. Soal :
1). Sebutkan manfaat air, api dan udara
2). Sebutkan masing-masing contoh perbuatan merawat dan memelihara air, api dan udara!
3). Jelaskan makna air, api dan udara menurut arti Kitab Suci!
@. Skor penilaian :
No. 1 : 3
No. 2 : 3
No. 3 : 4
@. Total Skor : skor perolehan x 100
Total skor
Mengetahui, Surabaya, Juli 2009
Kepala Sekolah Guru Mata Pel
Drs. Vincentius HS Fidelis Gele
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Agama Katolik
Tema : Diriku sendiri
Kelas/Semester : III/Ganjil
Standar Kompetensi : Memahami tokoh Perjanjian Lama, Yesus Kristus, dan Gereja yang turut ambil bagian dalam karya penyelamatan Allah, sehingga terdorong untuk makin mengenal dan terlibat dengan sesama dan lingkungannya.
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
I. Kompetensi Dasar : Mengenal diri, lingkungannya, keterlibatan di dalamnya dan menyadari bahwa Allah menyertainya
II. Indikator :
1. Siswa menyebutkan keindahan alam yang ada di sekitarnya
2. Siswa menyebutkan manfaat alam sekitar bagi manusia
3. Siswa menjelaskan bahwa kekayaan dan keindahan alam diciptakan Allah untuk kebahagiaan manusia
III. Tujuan Pembelajaran :
1. Melalui pengamatan siswa menyebutkan keindahan alam ciptaan Tuhan yang mereka kagumi.
2. Melalui penjelasan guru siswa dapat menyebutkan manfaat alam sekitar bagi manusia
3. Melalui penjelasan guru siswa dapat menyebutkan cara-cara pemanfaatan alam.
4. Melalui penjelasan guru siswa dapat menjelaskan bahwa kekayaan dan keindahan alam di ciptakan Allah untuk kebahagian manusia manusia. (Mzm 148 : 1-5)
IV. Materi pokok : Saya dan Alam Sekelilingku
V. Metode :
1. Observasi
2. Deskripsi
VI. Kegiatan pembelajaran :
A. Kegiatan awal :
1. Doa pembuka
2. Motivasi
3. Guru memberikan apersepsi dan menyampaikan tujuan pembelajaran
B. Kegiatan inti :
1. Guru mempersilahkan siswa mengamati lingkungan di luar kelas dan mencatat ciptaan Tuhan apa saja yang paling dikaguminya
2. Siswa membacakan hasil pengamatannya dan menyebutkan alasan mengapa memilih obyek dimaksud.
3. Guru memberikan masukan dan penjelasan tentang manfaat alam sekitar bagi manusia
4. Guru memberikan penjelasan tentang bagaimana memelihara alam sekitar
5. Guru memberikan penjelasan tenttang keindahan alam diciptakan Tuhan untuk kebahagiaan manusia
C. Penutup :
1. Kesimpulan
2. Doa penutup
VII. Sarana dan sumber belajar:
A. Sarana:
1. LCD
2. Gambar Pemandangan alam
B. Sumber belajar:
1. Pengalaman anak bermain
2. Buku siswa kelas III, pel 3. Menjadi Murid Yesus, Kanisius
3. Bersaudara dengan Alam, Kanisius
4. Allah memanggil, PUSPAS KAE
VIII. Penilaian:
1. Tes tulis
Soal :
1. Sebutkan manfaat alam sekitar bagi manusia!
2. Sebutkan 3 contoh sikap anda dalam merawat lingkungan sekolah!
3. Apa tujuan Tuhan menciptakan alam sekitar bagi manusia?
Skor : No.1 = 4
N0 2 = 4
No 3 = 4
Skor akhir :
Skor perolehan x 100
Total skor
Mengetahui, Surabaya, Juli 2009
Kepala Sekolah Guru Mata Pel
Drs. Vincentius HS Fidelis Gele
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Agama Katolik
Tema :
Kelas/Semester : III/Ganjil
Standar Kompetensi : Memahami tokoh Perjanjian Lama, Yesus Kristus, dan Gereja yang turut ambil bagian dalam karya penyelamatan Allah, sehingga terdorong untuk makin mengenal dan terlibat dengan sesama dan lingkungannya.
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
I. Kompetensi Dasar : Mengenal dan memahami Yakub, Yusuf dan Musa yang turut ambil bagian dalam karya keselamatan Allah
II. Indikator :
1. Siswa menyebutkan bahwa saudara sebagai karunia Allah
2. Siswa menyebutkana ke-12 anak Yakob
3. Siswa menyebutkan anak yang paling disayangi oleh Yakub
III. Tujuan Pembelajaran :
1. Melalui mendengarkan cerita siswa dapat mengetahui ke-12 anak yakub
2. Melalui mendengarkan cerita siswa mengetahui anak yang paling disayangi Yakub
3. Melalui penjelasan siswa memahami bahwa saudara adalah kerunia Tuhan
4. Melalui penjelasan siswa menegenal sikap irihati saudara-saudara Yusuf
IV. Materi pokok : Anak-anak Yakub
V. Metode :
1. Deskripsi
2. Narasi
VI. Kegiatan pembelajaran :
A. Kegiatan awal :
1. Doa pembuka
2. Motivasi
3. Apersepsi
B. Kegiatan inti :
1. Guru menceritakan kisah anak-anak Yakub menurut Kej 32 : 1-4; 37: 1-4
2. Guru memberikan beberapa pertanyaan sehubungan dengan cerita Kitab Suci diatas
3. Siswa menjawab pertanyaan guru sambil memperhatikan cerita tertulis dalam buku pegangan mereka
4. Guru memberikan penjelasan tentang anak-anak Yakub dan sikap iri hati yang ada di dalam diri saudara-saudara Yakub
C. Penutup :
1. Guru bersama siswa menyimpulkan bahan yang baru dipelajari
2. Doa penutup
VII. Sarana dan sumber belajar:
A. Sarana: 1. VCD
2. LCD
B. Sumber belajar: 1. Pengalaman anak
2. Buku siswa kelas III, pel 4. Menjadi Murid Yesus, Kanisius
3. Allah memanggil, PUSPAS KAE
VIII. Penilaian:
1. Tes tulis:
@. Soal :
1. Berapakah jumlah anak-anak Yakub?
2. Dari semua anak Yakub siapakah yang paling di sayangi? Mengapa?
3. Apakah pekerjaan anak-anak Yakub?
@. Skor :
No. 1: 2
No. 2: 4
No. 3: 2
@. Total Skor : skor perolehan x 100
Total skor
Mengetahui, Surabaya, Juli 2009
Kepala Sekolah Guru Mata Pel
Drs. Vincentius HS Fidelis Gele
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Agama Katolik
Tema :
Kelas/Semester : III/Ganjil
Standar Kompetensi : Memahami tokoh Perjanjian Lama, Yesus Kristus, dan Gereja yang turut ambil bagian dalam karya penyelamatan Allah, sehingga terdorong untuk makin mengenal dan terlibat dengan sesama dan lingkungannya.
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
I. Kompetensi Dasar : Mengenal dan memahami Yakub, Yusuf dan Musa yang turut ambil bagian dalam karya keselamatan Allah
II. Indikator :
1. Siswa menyebutkan contoh perlakuan tidak adil yang pernah dialaminya.
2. Siswa menjelaskan alasan mengapa Yusuf dibenci saudara-saudaranya
3. Siswa menyebutkan pengalaman Yusuf ketika bertemu dengan saudara-saudaranya di padang rumput
III. TujuanPembelajaran :
1. Melalui sharing siswa menyebutkan contoh perlakuan tidak adil yang pernah dialaminya
2. Melalui mendnegar cerita siswa menjelaskan alasan Yusuf dibenci oleh saudara-saudaranya
3. Melalui mendengar cerita siswa dapat mengungkapkan pengalaman Yusuf ketika bertemu saudara-saudranya di padang gurun.
4. Melalui mendengar cerita siswa dapat menyebutkan tempat Yusuf dibawa oleh saudagar-saudagar setelah dijual
IV. Materi pokok : Yusuf dijual oleh saudara-saudaranya
V. Metode :
1. Narasi
2. Sharing
3. Deskripsi
VI. Kegiatan pembelajaran :
A.Kegiatan Awal :
1. Doa pembuka
2. Motivasi
3. Apersepsi
B.Kegiatan inti :
1. Guru meminta siswa untuk menceritaka pengalamannya ketika ia merasa diperlakukan tidak adil
2. Guru menceritakan kisah Yusuf dijual oleh saudara-saudaranya yang bersumber pada cerita Kitab Suci
3. Siswa mendengar secara saksama sambil memperhatikan cerita yang sama di dalam buku pegangan mereka
4. Siswa diminta menceritakan kembali secara singkat tentang kisah Yusuf dijual oleh saudara-saudaranya
5. Guru memberikan beberapa pertanyaan lisan untuk dijaawab langsung oleh siswa
6. Guru memberikan penjelasan sesuai dengan jawaban dan sharing siswa
C. Penutup :
1. Guru dan siswa menyimpulkan bersama beberapa hal penting dari pokok bahasan hari ini.
2. Doa penutup
VII. Sarana dan sumber belajar:
A. Sarana: 1. LCD
2. Cerita Alkitabiah
B. Sumber belajar: 1. Pengalaman anak
2. Buku siswa kelas III, pel 5. Menjadi Murid Yesus, Kanisius
3. Allah memanggil, PUSPAS KAE
VIII. Penilaian:
1. Tes tulis :
@. Soal :
1. Mengapa Yusuf dijual oleh saudara-saudaranya?
2. Kemanakah Yusuf dijual?
3. Apa yang dibuat saudara-saudara Yusuf kepada Yakub setelah mereka menjual Yusuf?
4. Apa yang terjadi kalau kita memiliki sifat iri hati?
5. Bagaimana sikap anda terhadap teman yang mempunyai kelebihan secara akademis dan non akademis?
@. Skor penilaian :
No.1 : 3
No. 2 : 2
No.3 : 2
No. 4 : 3
No. 5 : 3
@. Total Skor : skor perolehan x 100
Total skor
Mengetahui, Surabaya, Juli 2009
Kepala Sekolah Guru Mata Pel
Drs. Vincentius HS Fidelis Gele
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Agama Katolik
Tema :
Kelas/Semester : III/Ganjil
Standar Kompetensi : Memahami tokoh Perjanjian Lama, Yesus Kristus, dan Gereja yang turut ambil bagian dalam karya penyelamatan Allah, sehingga terdorong untuk makin mengenal dan terlibat dengan sesama dan lingkungannya.
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
I. Kompetensi Dasar : Mengenal dan memahami Yakub, Yusuf dan Musa yang turut ambil bagian dalam karya keselamatan Allah
II. Indikator :
1. Siswa dapat menyebutkan pekerjaan Yusuf ketika tiba di Mesir
2. Siswa dapat menyebutkan mimpi firaun yang diartikan Yusuf
3. Siswa dapat menjelaskan arti dari mimpi Firaun seperti yang diartikan Yusuf
III. Tujuan Pembelajaran :
1. Melalui mendengar cerita siswa dapat menyebutkan pekerjaan Yusuf ketika tiba di Mesir
2. Melalui mendnegar cerita siswa dapat menyebutkan mimpi firaun yang diartikan Yusuf
3. Melalui mendengarkan cerita siswa dapat menjelaskan arti dari mimpi Firaun seperti yang diartikan Yusuf
4. Melalui penjelasan siswa memahami bahwa Allah selalu mengasihi dan berada pada pihak yang berlaku jujur dan selalu mengadalkan Tuhan sendiri.
IV. Materi pokok : Yusuf menjadi penguasa di Mesir
V. Metode :
1. Narasi
2. Deskripsi
3. Tanya jawab
VI. Kegiatan pembelajaran :
A. Kegiatan awal :
1. Doa pembuka
2. Aperssepsi
3. Guru memberikan motivasi
B. Kegiatan inti :
1. Guru menceritaka kisah Yusuf yang menjadi penguasa di Mesir yang bersumber pada teks Kej 37:12-36
2. Siswa menyimak cerita tersebut sambil memperhatikan di dalam buku pegangan masing-masing
3. Guru mempersilahkan siswa untuk menceritakan secara ringkas kisah Yusuf menjadi penguasa di Mesir
4. Guru memberikan beberapa pertanya untuk langsung dijawab oleh siswa
4. Guru memberikan penjelasan
C. Penutup :
1. Kesimpulan
2. Doa penutup
VII. Sarana dan sumber belajar:
A. Sarana: 1. LCD
2. Cerita Alkitabiah
B. Sumber belajar: 1. Buku siswa kelas III, pel 3. Menjadi Murid Yesus, Kanisius
2. Allah memanggil, PUSPAS KAE
VIII. Penilaian:
1. Tes tulis
@. Soal :
1). Apakah yang dikerjakan Yusuf selama berada di Mesir?
2). Mengapa Yusuf dimasukkan ke dalam penjara?
3). Peristiwa apakah yang membuat Yusuf keluar dari penjara?
4). Sebutkan mimpi Firaun yang ditafsir Yusuf dan bagaimana artinya!
5). Mengapa Yusuf bisa menjadi seorang penguasa di Mesir?
@. Skor penilaaian:
No. 1 : 2
No. 2 : 3
No. 3 : 3
No. 4 : 4
No. 5 : 3
@. Total Skor : skor perolehan x 100
Total skor
Mengetahui, Surabaya, Juli 2009
Kepala Sekolah Guru Mata Pel
Drs. Vincentius HS Fidelis Gele
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Agama Katolik
Tema :
Kelas/Semester : III/Ganjil
Standar Kompetensi : Memahami tokoh Perjanjian Lama, Yesus Kristus, dan Gereja yang turut ambil bagian dalam karya penyelamatan Allah, sehingga terdorong untuk makin mengenal dan terlibat dengan sesama dan lingkungannya.
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
I. Kompetensi Dasar : Mengenal dan memahami Yakub, Yusuf dan Musa yang
turut ambil bagian dalam karya keselamatan Allah
II. Indikator :
1. Siswa menjelaskan mengapa bangsa Israel disiksa di Mesir
2. Siswa menyebutkan tanda-tanda penyertaan Allah dalam pembebasan bangsa Israel
3. Siswa menyebutkan tokoh pembebas bangsa israel
4. Siswa menyebutkan tulah yang menimpa bangsa Mesir
III. Tujuan Pembelajaran :
1. Melalui menyimak cerita siswa memahami mengapa Isarel disiksa oleh bangsa Mesir
2. Melalui menyimak cerita siswa menyebutkan tulah yang menimpa bangsa Mesir
3. Siswa dapat menyebutkan tanda-tanda penyertaan Allah kepada bangsa Israel melalui tokoh-tokoh yang dipilihNya
4. Melalui penjelasan siswa memahami Israel adalah bangsa yang dipilih Tuhan dan Ia akan selalu menyertainya.
5. Melalui menyimak cerita siswa dapat menceritakan kembalii peristiwa Israel menyebrangi laut Merah
IV. Materi pokok : Musa membebaskan Israel dari perbudakan Mesir
V. Metode :
1. Narasi
2. Deskripsi
3. Tanya jawab
VI. Kegiatan pembelajaran :
A.Kegiatan awal :
1. Doa pembuka
2. Motivasi
3. Guru memberikan apersepsi
B.Kegiatan inti :
1. Guru menyajikan kepada siswa cuplikan Video pembebasan Israel dari Mesir
2. Siswa menyimak cerita yang disajikan
3. Guru memberikan beberapa pertanyaan dari cerita yang disajikan dan siswa menjawabnya secara langsung
4. Guru meminta siswa menceritakan kembali kisah Israel menyebrangi laut Merah
5. Guru memberikan penjelasan dan informasi tambahan
C. Penutup :
1. Guru bersama siswa menyimpulkan bersama materi yang telah didalami
2. Doa penutup
VII. Sarana dan sumber belajar:
A. Sarana:
1. VCD
2. Cerita Alkitab
B. Sumber belajar:
1. Pengalaman anak bermain
2. Buku siswa kelas III, pel 7. Menjadi Murid Yesus, Kanisius
3. Allah Bapa Penyayang, PUSPAS KAE
4. Allah memanggil, PUSPAS KAE
VIII. Penilaian:
1. Tes tulis :
@. Soal :
1. Mengapa saudara-saudara Yusuf pergi ke Mesir? (skor : 3)
2. Apakah sikap Yusuf terhadap saudara-saudaranya? (skor: 3)
3. Mengapa Bangsa Mesir menindas bangsa Isarel? (skor : 3)
4. Siapakah yang dipilih Tuhan untuk membebaskan Isarel dari Mesir?
(skor : 2)
5. Apakah yang dibuat bangsa Isarel sebelum keluar dari Mesir?
(skor : 3)
6. Mengapa anak sulung Israel tidak dibunuh oleh malaikat maut?
(skor : 3)
@. Total Skor : skor perolehan x 100
Total skor
2. Tes Lisan :
@. Soal: Ceritakan tentang kisah pembebasan Israel dari Mesir!
@. Aspek penilaian:
1. Keruntutan peristiwa (3)
2. Ketepatan cerita (3)
3. Pemakaian bahasa (3)
@. Total Skor : skor perolehan x 100
Total skor
Mengetahui, Surabaya, Juli 2009
Kepala Sekolah Guru Mata Pel
Drs. Vincentius HS Fidelis Gele
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Agama Katolik
Tema :
Kelas/Semester : III/Ganjil
Standar Kompetensi : Memahami tokoh Perjanjian Lama, Yesus Kristus, dan Gereja yang turut ambil bagian dalam karya penyelamatan Allah, sehingga terdorong untuk makin mengenal dan terlibat dengan sesama dan lingkungannya.
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
I. Kompetensi Dasar : Mengenal dan memahami Yakub, Yusuf dan Musa yang turut ambil bagian dalam karya keselamatan Allah
II. Indikator :
1. Melaui sharing siswa mengungkapkan pengalaman dalam memberi bantuan kepada orang lain yang membutuhkan
2. Dengan menyimak cerita siswa bentuk penyertaan Allah kepada Israel selama mereka berada di padang gurun
3. Melalui penjelasan siswa memahami alasan mengapa Allah menyuruh bangsa Israel untuk mengambil manna yang diberikannya cukup untuk satu hari saja
III. Tujuan Pembelajaran :
1. Melalui sahring siswa mengungkapkan pengalamannya memberikan bantuan kepada orang lain yang membutuhkan.
2. Melalui menyimak cerita Kitab Suci siswa menyebutkan bentuk penyertaan Allah kepada bangsa Israel selama mereka berada di padang gurun
3. Melalui menyimak cerita siswa dapat mengetaui bahwa Tuhan memberikan makanan kepada bangsa Israel di padang gurun dalam bentuk manna dan burung puyuh
4. Melalui penjelasan siswa dapat memahami mengapa Tuhan menyuruh bangsa Israel mengambil makanan yang diberikanNya cukup untuk satu hari saja
IV. Materi pokok : Allah menurunkan manna di padang gurun
V. Metode :
1. Deskripsi
2. Narasi
3. Tanya jawab
VI. Kegiatan pembelajaran :
A. Kegiatan awal :
1. Doa pembuka
2. Guru memberikan motivasi
3. Guru memberikan apersepsi dan menyampaikan tujuan pembelajaran
B. Kegiatan inti :
1. Guru meminta siswa untuk menceritakan pengalamannya membantu orang lain yang membutuhkan
2. Guru menceritakan kisah Allah memberikan makanan kepada bangsa Israel di padang gurun
3. Guru bertanya jawab dengan siswa tentang cerita di atas
4. Guru memberikan penjelasan
C. Penutup :
1. Guru bersama siswa menyimpulkan bersama hal-hal penting dari materi yang telah dibahas
2. Doa penutup
VII. Sarana dan sumber belajar:
A. Sarana:
1. VCD
2. LCD
B. Sumber belajar:
1. Pengalaman anak
2. Buku siswa kelas III, pel 8. Menjadi Murid Yesus, Kanisius
3. Allah Bapa Penyayang, PUSPAS KAE
4. Allah memanggil, PUSPAS KAE
VIII. Penilaian:
1. Tes tulis:
@. Soal :
1. Apakah makanan yang diberikan Tuhan selama berada di padang gurun!
2. Apa yang diperintahkan Tuhan atas makanan yang Ia berikan?
3. Setiap hari kita memberikan kita rejeki dalam bentuk yang berbeda-beda. Sebutkan 3 rejeki Tuhan yang anda alami hari ini!
4. Berapa lamakah bangsa Israel mengembara di padang gurun?
5. Apakah sikap kita terhadap setiap rejeki yang kita terima dari Tuhan?
@. Skor penilaian :
No. 1 : 2
No. 2 : 3
No. 3 : 3
No. 4 : 2
No. 5 : 3
@. Total Skor : skor perolehan x 100
Total skor
Mengetahui, Surabaya, Juli 2009
Kepala Sekolah Guru Mata Pel
Drs. Vincentius HS Fidelis Gele
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Agama Katolik
Tema :
Kelas/Semester : III/Ganjil
Standar Kompetensi : Memahami tokoh Perjanjian Lama, Yesus Kristus, dan Gereja yang turut ambil bagian dalam karya penyelamatan Allah, sehingga terdorong untuk makin mengenal dan terlibat dengan sesama dan lingkungannya.
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
I. Kompetensi Dasar : Mengenal Yohanes Pembaptis dan memahami karya-karyaYesus sehubungan dengan Sakramen Baptis, Ekaristi dan Tobat
II. Indikator :
1. Siswa menyebutkan orangtua dari Yohanes
2. Siswa menyebutkan kabar kelahiran Yohanes dari Malaikat Gabriel
3. Siswa menjelaskan peranan Yohanes Pembaptis sebagai
bentara Kristus
III. Tujuan Pembelajaran :
1. Melalui cerita Kitab Suci siswa memahami kabar kelahiran Yohanes Pembaptis
2. Melalui penjelasan siswa memahami posisi Yohanes Pembaptis di hadapan Yesus.
3. Melalui penjelasan siswa memahami tentang tugas Yohanes dalam mepersiapkan kedatangan Yesus.
4. Melalui penjelasan siswa memahami tentang isi pewartaan yang disampaikan Yohanes Pembaptis.
IV. Materi pokok : Yohanes Pembaptis
V. Metode :
1. Deskripsi
2. Narasi
VI. Kegiatan pembelajaran :
A. Kegiatan awal :
1. Doa pembuka
2. Guru memberikan motivasi motivasi
3. Guru memberikan apersepsi
B. Kegiatan inti :
1. Guru mengajak siswa membaca dan mendalami Kitab Suci: Luk 1:5-24;57-66
2. Guru memberikan beberapa pertanyaan untuk langsung dijawab oleh siswa sebagai pendalaman terhadap bacaan di atas
3. Guru memberikan penjelasan lanjutan dari hal-hal penting seputar tokoh Yohanes Pembaptis.
4. Guru memberikan penjelasan tentang tugas Yohanes pembaptis dan posisinya di hadapan Yesus
C. Penutup :
1. Guru bersama siswa meyimpulkan bersama materi tentang Yohanes Pembaptis
2. Doa penutup
VII. Sarana dan sumber belajar:
A. Sarana:
1. LCD
2. Gambar Yesus dibaptis
B. Sumber belajar:
1. Buku siswa kelas III, pel 9. Menjadi Murid Yesus, Kanisius
2. Allah Bapa Penyayang, PUSPAS KAE
3. Allah memanggil, PUSPAS KAE
VIII. Penilaian:
1. Tes tulis :
@. Soal :
1). Siapakah orangtua Yohanes Pembaptis?
2). Apa peranan Yohanes dalam kedatang Yesus?
3). Apa yang diserukan Yohanes di padang gurun?
4). Mengapa Yohanes disebut Yohanes Pembaptis?
5). Perbuatan besar apakah yang pernah dilakukan Yohanes Pembaptis kepada Yesus?
@. Skor penilaian :
No. 1 : 2
No. 2 : 3
No. 3 : 3
No. 4 : 3
No. 5 : 3
@. Total Skor : skor perolehan x 100
Total skor
Mengetahui, Surabaya, Juli 2009
Kepala Sekolah Guru Mata Pel
Drs. Vincentius HS Fidelis Gele
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Agama Katolik
Tema :
Kelas/Semester : III/Ganjil
Standar Kompetensi : Memahami tokoh Perjanjian Lama, Yesus Kristus, dan Gereja yang turut ambil bagian dalam karya penyelamatan Allah, sehingga terdorong untuk makin mengenal dan terlibat dengan sesama dan lingkungannya.
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
I. Kompetensi Dasar : Mengenal Yohanes Pembaptis dan memahami karya-karya
Yesus sehubungan dengan Sakramen Baptis, Ekaristi dan Tobat
II. Indikator :
1. Siswa menjelaskan mengapa Yesus memberi makan kepada banyak orang
2. Siswa menyebutkan jumlah roti dan ikan yang diperbanyak oleh Yesus
3. Siswa menjelaskan mengapa Yesus bisa memperbanyak roti
III. Tujuan Pembelajaran :
1. Melalui membaca dan mendengarkan bacaan Kitab Suci siswa dapat menyebutkan jumlah roti dan ikan yang diperbanyak Yesus.
2. Melalui mendengarkan penjelasan siswa memahami mengapa Yesus mau memberi makan kepada orang banyak.
3. Melalui Tanya jawab siswa memahami mengapa Yesus bisa memperbanyak roti dan ikan.
4. Melalui tanya-jawab siswa dapat menyebutkan jumlah sisa roti yang dimakan orang banyak
5. Melalui penjelasan siswa dapat menjelaskan arti mujizat
IV. Materi pokok : Yesus memperbanyak roti
V. Metode :
1. Deskripsi
2. Tanya jawab
VI. Kegiatan pembelajaran :
A. Kegiatan awal :
1. Doa pembuka
2. Guru memberikan motivasi
3. Guru memberikan apersepsi dan menyampaikan tujuan pembelajaran
B. Kegiatan inti :
1. Guru mengajak siswa membaca dan mendengarkan cerita Kitab Suci tentang Yesus memperbanyak roti
2. Guru bertanya jawab dengan siswa tentang peristiwa Yesus memperbanyak roti
3. Guru memberikan penjelasan tentang mengapa Yesus mau memberi makan kepada orang banyak
4. Guru menegaskan tentang keprihatinan Yesus, mujizat Yesus, dan iman kepada Tuhan.
C. Penutup :
1. Guru bersama siswa menyimpulkan materi yang baru didalami
2. Guru memberikan tugas kepada siswa dari buku pegangan
3. Doa penutup
VII. Sarana dan sumber belajar:
A. Sarana:
1. LCD
B. Sumber belajar:
1. Cerita Alkitab
2. Buku siswa kelas III, pel 10. Menjadi Murid Yesus,Kanisius
3. Allah Bapa Penyayang, PUSPAS KAE
4. Allah memanggil, PUSPAS KAE
VIII. Penilaian:
1. Tes tulis :
@. Soal :
1). Berapakah jumlah roti dan dan ikan sebelum diperbanyak oleh Yesus?
2). Berapakah jumlah orang yang diberi makan oleh Yesus?
3). Berapakah sisa roti yang dimakan?
4). Apakah Yesus selalu mengasihi orang yang menjadi pengikutNya?
5). Mengapa Yesus bisa memperbanyak roti?
@. Skor penilaian :
No.1: 2
No.2: 2
No.3 : 2
No. 4 : 3
No. 5 : 3
@. Total Skor : skor perolehan x 100
Total skor
Mengetahui, Surabaya, Juli 2009
Kepala Sekolah Guru Mata Pel
Drs. Vincentius HS Fidelis Gele
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Agama Katolik
Tema :
Kelas/Semester : III/Ganjil
Standar Kompetensi : Memahami tokoh Perjanjian Lama, Yesus Kristus, dan Gereja yang turut ambil bagian dalam karya penyelamatan Allah, sehingga terdorong untuk makin mengenal dan terlibat dengan sesama dan lingkungannya.
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
I. Kompetensi Dasar : Mengenal Yohanes Pembaptis dan memahami karya-karya
Yesus sehubungan dengan Sakramen Baptis, Ekaristi dan Tobat
II. Indikator :
1. Siswa menjelaskan arti perjamuan malam terakhir
2. Siswa menyebutkan saat mana Yesus mengadakan perjamuan malam terakir dengan para muridNya
3. Siswa mengungkapkan kembali pesan Yesus kepada para muridNya dalam perjamuan malam terakhir
4. Siswa menyebutkan pada saat manakah Gereja mengenangkan persitiwa perjamuan malam terakhir
III. Tujuan Pembelajaran :
1. Melalui membaca dan menyimak cerita Kitab Suci siswa mengetahui saat mana Yesus mengadakan perjamuan malam terakhir bersama para muridNya.
2. Melalui penjelasan siswa dapat memahami arti perjamuan malam terakhir.
3. Melalui tanya jawab siswa dapat menyebutkan pesan terakhir Yesus kepada para muridNya.
4. Melalui penjelasan siswa mengetahui bagaimana perjamuan malam terakhir dikenangkan oleh Gereja
IV. Materi pokok : Perjamuan Malam Terakhir
V. Metode :
1. Deskripsi
2. Tanya jawab
VI. Kegiatan pembelajaran :
A. Kegiatan awal :
1. Doa pembuka
2. Guru memberikan motivasi motivasi
3. Guru memberikan apersepsi
B. Kegiatan inti :
1. Guru membeacakan perikop Kitab Suci tentang perjamuan malam terakhir
2. Guru bertanya kepada siswa tentang hal-hal penting dari bacaan Kitab Suci di atas
3. Siswa menjawab pertanyan guru secara lisan
4. Guru memberikan penjelasan tentang arti perjamuan malam terakhir
5. Guru memberikan penjelasan tentang pesan Yesus kepada para murid
6. Guru memberikan penjelasan tentang bagaimana Gereja mengenangkan peristiwa perjamuan malam terakhir
C. Penutup :
1. Guru bersama siswa menyimpulkan materi yang dibahas
2. Penugasan
3. Doa penutup
VII. Sarana dan sumber belajar:
A. Sarana: 1. LCD
B. Sumber belajar: 1. Cerita Alkitab
2. Buku siswa kelas III, pel 10. Menjadi Murid Yesus,Kanisius
3. Allah Bapa Penyayang, PUSPAS KAE
4. Allah memanggil, PUSPAS KAE
VIII. Penilaian:
1. Tes tulis :
@. Soal :
1). Apa arti malam perjamuan malam terakhir bagi Yesus dan para muridNya?
2). Apa yang dilakukan Yesus pada Malam Perjamuan Terakhir?
3). Apa pesan Yesus kepada para murid dan kita semua?
4). Siapakah murid yang mengkhianati Yesus?
5). Apa yang terjadi pada Yesus setelah merayakan malam perjamuan terakhir?
6). Apa tindakan pelayanan Yesus pada malam perjamuan terakhir?
@. Skor penilaian :
No. 1: 3
No. 2 : 3
No. 3 : 3
No. 4. 2
No.5 : 3
No.6 : 3
@. Total Skor : skor perolehan x 100
Total skor
2. Tes penugasan:
@. Soal : merayakan misa setiap hari minggu, mencatat bacaan dan korbah Romo serta mendapatkan tanda tangan Romo.
Tabel :
No Hari/Tanggal Bacaan Ringkasan Kotbah Tanda tangan Romo
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
Mengetahui, Surabaya, Juli 2009
Kepala Sekolah Guru Mata Pel
Drs. Vincentius HS Fidelis Gele
Komentar
Posting Komentar